Minggu, 28 April 2024

BPBD Ponorogo Buka Posko Hidrometeorologi 24 Jam

Diunggah pada : 22 Februari 2024 9:04:53 20
Petugas BPBD Ponorogo memeriksa perlengkapan antisipasi ketika bencana sewaktu-waktu terjadi, Rabu (21/2/2024). foto : erwin suganda

Jatim Newsroom - Penghujan telah tiba memaksa  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo lebih siaga. Posko hidrometeorologi akhirnya berdiri di Jalan Sekar Putih, Kelurahan Tonatan, menyatu dengan kantor BPBD Ponorogo. Piket petugas yang wajib berjaga terjadwal rapi dengan dukungan para relawan yang tergabung dalam Forum Pencegahan Risiko Bencana (FPRB).

‘’Kami membuka posko hidrometeorologi sejak awal Februari yang sesuai  prediksi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) sudah memasuki puncak curah hujan,’’ kata Ketua BPBD Ponorogo Masun, Rabu (21/2/2023). Secara bersamaan di bulan yang sama, Indonesia juga memiliki gawe besar berupa gelaran Pemilu Serentak 2024.  ‘’Wilayah rawan bencana sudah dipetakan agar distribusi logistik pemilu tidak terganggu sampai tahapan penghitungan suara,’’ imbuhnya. 

Masun memastikan petugas di posko berjaga 24 jam nonstop. Sebab, sulit memprediksi bencana  hidrometeorologi kapan terjadi.  Bencana  hidrometeorologi selama ini didefiniskan sebagai bencana yang diakibatkan oleh curah hujan tinggi, kelembapan, temperatur, dan angin. Pun, banjir, badai, tanah longsor, angin puyuh, putih beliung, dan gelombang dingin kerap melanda pada musim hujan. ‘’Perubahan cuaca hanyalah pemicu, sedangkan penyebab bencana hidrometeorologi yang utama adalah kerusakan lingkungan,’’ terangnya.

BPBD Ponorogo bersama Perhutani, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Dinas Sosial (Dinsos), serta Dinas PekerjaanUmum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) jauh-jauh hari sudah melakukan mitigasi bencana. Pun,  rapat koordinasi untuk menekan risiko dengan melakukan kesiapan, penyadaran, dan perencanaan penanggulangan itu melibatkan para camat, kepala desa, dan lurah.  ‘’Ketika terjadi bencana segera menghubungi TRC (tim reaksi cepat) yang bertugas di wilayah masing-masing,’’ harapnya. (why/hjr)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo