Jumat, 3 Mei 2024

BKD Jatim Gelar Diklat Teknis Manajemen Kesekretariatan Tahun 2024

Diunggah pada : 4 Maret 2024 11:55:25 67
Tangkapan layar thumbnail siaran langsung Youtube, DTMK Tahun 2024 di saluran BKD Jatim, Senin (4/3/2024).

Jatim Newsroom - Guna meningkatkan kompetensi kemampuan dan profesionalitas ASN dalam hal manajemen kesekretariatan, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur (BKD Jatim) menggelar kegiatan Diklat Teknis Manajemen Kesekretariatan (DTMK) Tahun 2024. 

Diklat yang berlangsung selama tiga hari dari Senin hingga Rabu (4-6/3/2024) tersebut, bertajuk 'Optimalisasi Fungsi Kesekretariatan Sebagai Penguatan Organisasi'. Kegiatan diikuti para ASN peserta pendidikan dan pelatihan teknis manajemen kesekretariatan di lingkungan Pemprov Jatim, secara daring. 

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala BKD Jatim, Indah Wahyuni menyampaikan, kegiatan DTMK ini diadakan khusus untuk tim sekretariat lingkungan Pemprov Jatim. Karena menurutnya, peran tim sekretariat itu penting  dalam menjembatani maupun membantu kepala perangkat daerah mencapai tujuan organisasi, khususnya pada hal ketata laksanaan permasalahan keuangan, serta kepegawaian dan pengelolaan aset, supaya berjalan lancar dan optimal di lingkungan organisasi perangkat daerah. 

"Tidak hanya itu, peran tim sekretariat juga sangat penting di dalam menerjemahkan kebijakan kepala perangkat daerah kepada seluruh jajaran, dan mengoordinasikan tugas. Supaya antara bidang berjalan lancar dan pelaksanaannya tidak ada kendala," jelas Indah secara daring, pada Senin (4/3/2024). 

Untuk itu, melalui kegiatan DTMK Tahun 2024 ini, Indah menerangkan, pihaknya juga ingin memastikan pemahaman para sekretaris dan tim sekretariat dalam melaksanakan tugas agar berjalan optimal. 

"Terutama karena tujuan kita adalah untuk menciptakan sistem kerja yang lebih mudah, cepat, dan tepat sasaran dalam memberikan pelayanan kepada pimpinan. Supaya para sekretaris dan tim sekretariat bisa menerjemahkan kebijakan para pejabat pimpinan maupun kepala perangkat daerah supaya bisa dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan seluruh jajaran ini yang perlu kita lakukan," terang Indah. 

"Sehingga pada hari ini, kami dari BKD Jatim dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi kemampuan dan juga meningkatkan profesionalitas SDM, terkait manajemen kesekretariatan. Kita lakukan diklat teknis manajemen kesekretariatan secara daring mulai tanggal 4 sampai 6 Maret 2024, dengan jumlah 20 jam mata pelajaran," sambung Indah. 

Indah menuturkan, setelah mengikuti diklat ini para peserta diklat yang merupakan para ASN, diharapkan lebih mampu meningkatkan kemampuannya dalam memberikan pelayanan kepada atasan ataupun jajaran di lingkungan OPD. 

"Supaya kita juga bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, hal inilah utamanya yang perlu kita lakukan. Sehingga kami pun ingin ada profesionalitas yang lebih baik dari SDM lingkungan Pemprov Jatim dalam memahami manajemen kesekretariatan ini," tuturnya.  

Diketahui, dalam pelaksanaan DTMK Tahun 2024 ini juga ada beberapa promosi produk unggulan dari UMKM binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim). Indah menyampaikan, promosi tersebut merupakan wujud kolaborasi BKD Jatim dengan Diskop UKM Jatim supaya para peserta memiliki rasa cinta kepada produk buatan dalam negeri terutama produk milik UMKM di Jatim. 

"Siapa lagi yang bisa lebih mencintai produk hasil dari UMKM kalau bukan kita sendiri. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini ada beberapa iklan produk UMKM dari Diskop UKM. Bagi peserta yang tertarik berbelanja dan membeli produk unggulan tersebut dipersilahkan," ujar Indah. 

Sebagai informasi, hari pertama DTMK Tahun 2024 ini menghadirkan dua orang pembicara yakni, dari Biro Organisasi Prov Jatim dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur (Disperpusip Jatim). (vin/s)

#pemprov jatim #BKD Jatim #DTMK #manajemen kesekretariatan