Jumat, 26 April 2024

Bermain, Cara UPT PSTW Jombang Tingkatkan Daya Pikir PM Lansia

Diunggah pada : 2 September 2022 8:16:56 52
Pekerja Sosial (Peksos) Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha meningkatkan daya pikir penerima manfaat (PM) dengan bermain.

Jatim Newsroom- Pekerja Sosial (Peksos) Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Dinas Sosial Jatim berupaya terus meningkatkan daya pikir penerima manfaat (PM) dengan cara mengajak bermain.

Kegiatan yang dilakukan di aula UPT PSTW Jombang asrama Jombang ini dilakukan bersama 30 PM dan didampingi oleh peksos dan Kepala Seksi Bimbingan Sosial. Mereka juga dibantu oleh mahasiswa praktikan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Cognitive Stimulation Therapy, dengan menggunakan dinamika kelompok dan metode bermain hitung-hitungan atau ular tangga besar.

Dalam kegiatan ini terdapat 1 PM yang kurang antusias karena sedang tidak enak badan, namun hal tersebut tidak mempengaruhi semangat dari PM lain dalam mengikuti permainan. PM yang aktif mendapatkan reward atau hadiah dari peksos dan mahasiswa praktikan UMM Malang dengan kategori peserta perempuan terbaik, peserta laki-laki terbaik, dan kelompok terbaik dalam seluruh rangkaian kegiatan.

Kepala UPT PSTW Jombang, Sri Retno Hartiwi, Jumat (2/9/2022) menyampaikan dukungannya terhadap program baru peksos dalam upaya menunda ataupun mencegah kepikunanpada setiap lansia. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk melatih daya pikir dan daya ingat PM UPT PSTW Jombang, sehingga memulihkan dan meningkatkan kemampuan kognitif mereka. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk upaya meningkatkan kualitas hidup PM agar bisa menjaga dan meningkatkan keberfungsian sosial. Oleh karena itu, saya sangat mendukung program ini,” ungkapnya. (her/s)

#dinsos