Jumat, 20 September 2024

PON XXI ACEH-SUMUT 2024

Basket Jatim Melaju ke Semifinal

Diunggah pada : 7 September 2024 14:24:36 102
Laga tim basket putri Jatim lawan Papua di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (6/9/24) pagi. Foto: dok.KONI Jatim

Jatim Newsroom - Tim basket putri Jawa Timur (Jatim) melaju ke semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut. Melisa Erika Saleh dan kawan-kawan mengikuti jejak tim basket putra Jatim yang lebih dulu memastikan tiket semifinal multievent olahraga nasional empat tahunan.

Tim basket putri Jatim lolos fase grup setelah membungkan tim Papua dengan skor 60-24. Pertandingan kedua tim berlangsung di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (6/9/24) pagi. Permainan agresif tim Jatim sejak kuarter pertama membuat tim Papua kelimpungan.

Melisa Erika Saleh dkk kerap melancarkan tembakan tiga angka. Namun dari 23 tembakan, hanya masuk 6 bola saja. Bermain lebih sabar membuat permainan Jatim lebih tertata untuk menggempur pertahanan Papua.

Di kuarter ketiga, pelatih basket putri Jatim Jovita Simon menurunkan pemain lapis kedua. Meskipun begitu, tidak menurunkan intensitas serangan. Hingga berakhirnya kuarter empat, Jatim unggul atas Papua dengan skor 60-24. Hasil ini membuat Jatim lolos fase grup. “Kami memang menurunkan pemain lapis kedua di babak pertengahan untuk mempersiapan di semifinal nantinya,” ucapnya.

Di babak semifinal, basket putri Jatim akan bertemu tim Jateng atau Jabar. “Karena memang pertandingan lawan kami, sore baru akan dipertandingkan. Jadi kami menyimpan pemain utama,” beber Jovita.

Dengan kemenangan ini, Jovita sudah melakukan evaluasi pada semua pemain termasuk lapis kedua. “Ke depannya pasti kami akan terus berbenah apa saja yang kurang untuk laga semifinal,” pungkas mantan pemain basket Jatim ini.

Sementara itu, tim basket putra Jatim jadi tim pertama Pool A yang memastikan diri lolos ke babak semifinal PON XXI Aceh-Sumut 2024. Kepastian diperoleh setelah Daniel Salamena dkk menang atas Sulawesi Selatan dengan skor 65-54 di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis (5/9/24).

Sejak awal laga, Jatim tidak pernah sekalipun berada dalam posisi tertinggal. Sempat hanya mencetak 9 poin di kuarter ketiga, Jatim kemudian tampil dominan di kuarter keempat dengan torehan 26 poin berbanding 18.

Menurut pelatih basket putra Jatim Aries Herman, hasil itu sesuai dengan prediksi. “Sebenarnya ini pertandingan berat karena Sulsel kan baru kalah sekali Dia juga sudah mengalahkan tim besar seperti Jawa Tengah dan Bali, saya sudah wanti-wanti ke anak-anak. Tapi kami optimis, anak-anak hari ini bermain sesuai game plan dan alhamdulillah bisa menang,” tuturnya.

Aries kemudian mengungkapkan salah satu kunci timnya meraih kemenangan. Yakni berusaha mematikan sang bintang utama Sulsel Anto Febrianto Boyratan. Pemain berpostur 193 cm itu punya catatan superior. Yakni mencetak double-double 26 rebound dan 14 poin.

“Pertama harus sabar dalam menyerang, disiplin jaga, terutama menang rebound. Mereka punya satu pemain tinggi yang rebound bagus sekali, begitu kami berhasil mematikan dia kami bisa ambil,” beber Aries.

Catatan enam poin dari tiga laga yang diperoleh Jatim sudah tidak bisa disalip oleh Sulsel, Bali dan Jawa Tengah. Kini Jatim tinggal memperebutkan status juara grup melawan DKI Jakarta. Kedua tim akan bertemu pada Sabtu (7/9/24).(red)

#PON XXI 2024 #PON ACEH-SUMUT 2024