Jumat, 20 September 2024

Basarnas Siaga di Danau Toba Kawal Peski Air PON XXI/2024

Diunggah pada : 15 September 2024 21:06:44 123
Cabor Ski Air. Sumber Foto: PB PON XXI/2024 Sumut

Jatim Newsroom - Cabang olahraga (cabor) Ski Air yang berlangsung di areal Venue Lapangan Sisingamangaraja, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, sudah melangsungkan penyisihan di tiga nomor yakni Waterski Tricks Putra dan Putri, Wakeboard Putra dan Putri dan Waterski Jumping. Sampai kini, kondisi atlet tidak ada yang mengalami kecelakaan serius.

 

Mengutip laman ponxxi.sumutprov.go.id, Minggu (15/9/2024), Koordinator Pos Badan SAR Nasional (Basarnas) Parapat, Hisar Turnip, menjelaskan, pihaknya telah siaga di venue sejak hari pertama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 cabor Ski Air. 

 

"Sejak hari pertama, kita sudah berada di venue berkontribusi untuk evakuasi para atlet yang alami kecelakaan dalam pertandingan. Tidak ada atlet Ski Air yang alami kecelakaan berat," tutur Hisar Turnip. 

 

Dalam pelaksanaan tugas di areal venue, mereka juga berkoordinasi dengan tim kesehatan dan stakeholder lainnya. "Dalam hal ini, kita berkoordinasi dengan dengan tim kesehatan dan stakeholder lainnya. Dalam pelaksanaan PON ini, kita siaga di perairan dan darat Kita terjunkan 10 personil di acara tersebut," tuturnya.

 

"Selain untuk evakuasi para atlet, kita juga turut serta membantu panitia dalam penyediaan peralatan lomba di perairan Danau Toba. Hal ini bagian dari kolaborasi kita," lanjutnya.

 

Terlihat dalam pertandingan sejak hari pertama, beberapa atlet putra dan putri jatuh pada nomor Waterski Tricks. Hal sama juga terjadi pada nomor Wakeboard dan Jumping. "Bisa kita lihat di lapangan, kita siaga saat atlet alami kecelakaan di perairan Danau Toba. Peralatan lengkap kita sediakan demi kelancaran PON ini," terangnya.

 

Sebelumnya, Sekretaris Panitia Inti Ski Air PON XXI Aceh-Sumut 2024, Reza menjelaskan, masing-masing kontingen melakukan uji lintasan. "Ada sebanyak 15 kontingen yang sudah ikut dalam apel gabungan bersama forkopimda. Sudah hadir semua. Total atletnya ada sebanyak 125 atlet dan officialnya sebanyak 52 official," ujar Reza.

 

Ke-15 kontingen tersebut adala: Sumatera Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Banten, Jawa Timur, Gorontalo, dan NTT.

 

Sementara ada 6 nomor pertandingan pada cabor ini, yakni: Waterski Jumping untuk putra dan putri, Waterski Trick untuk putra dan putri, Waterski Slalom untuk putra dan putri, Wakeboard untuk putra dan putri, Wakesurf untuk putra dan putri, dan Wakeskate Exhibition. Ada juga nomor beregu untuk Waterski, Wakeboard, dan Wakesurf. (idc/hjr)

#PON XXI 2024 #pekan olahraga nasional