Senin, 20 Mei 2024

Anggota DPRD Jatim Zeneye Harap Dibukanya Jalur Situbondo - Lombok Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Diunggah pada : 30 Maret 2023 9:55:26 87
Anggota DPRD Jatim, Zeneye ditemui di DPRD Jatim. (Pca)

Jatim Newsroom - Anggota DPRD Jatim, Zeneye berharap dengan dibukannya jalur Situbondo - Lombok NTB melalui pelabuhan Jangkar bisa mendongkrak atau meningkatkan ekonomi masyarakat di Situbondo.

Menurut Zeiniye politisi asal Fraksi PPP, keberadaan Pelabuhan Jangkar diharapkan juga dapat mendukung peningkatan kinerja dan pelayanan angkutan penyeberangan, baik manusia maupun barang dan jasa, serta mendukung produktivitas masyarakat di sektor perekonomian, aktivitas sosial, pendidikan hingga keamanan masyarakat.

“Keberadaan Pelabuhan Jangkar juga sangat strategis dalam mempercepat aksesibilitas dan konektivitas pulau-pulau yang ada di Madura dan Indonesia Timur, selain itu untuk memperlancar mobilitas dan distribusi kehutuhan pokok sekaligus mendukung pembangunan daerah dan penurunan biaya logistik dan jasa sehingga dapat disejajarkan dengan daerah lain di Jawa Timur.”jelasnya dikonfirmasi, Kamis (30/3/2023).

Ditambahkan oleh Zeiniye,Pelabuhan Jangkar ini melayani kebutuhan transportasi kapal untuk menjamin konektivitas pulau-pulau di Kabupaten Madura dengan berbagai tujuan seperti misalnya Pelabuhan Jangkar-Pulau Kangean-Kalianget, Pulau Sapudi-Kalianget, dan Pulau Raas-Kalianget. “Dengan adanya pelabuhan Jangkar diharapkan dapat memperlancar mobilitas dan distribusi kebutuhan pokok dan kebutuhan logistik seperti pengiriman barang, cargo, dan pengiriman kendaraan motor/mobil,”pungkasnya.

Sekedar diketahui,salah satu keunggulan dari rute Jangkar-Lembar hanya membutuhkan waktu tempuh 11 jam. Itu artinya lebih cepat dua jam bila dibandingkan dengan keberangkatan dari Pelabuhan Ketapang-Lembar yang memakan waktu tempuh 13 jam. (pca/hjr)

#dprd jatim