Jumat, 20 September 2024

PON XXI Sumut-Aceh

Amanda Narda Mutia, Atlet Jatim Peraih Juara Panjat Tebing

Diunggah pada : 20 September 2024 14:49:40 25
Atlet Panjat Tebing Jatim, Amanda Narda Mutia. Foto: Dok. MC PON ACEH

Jatim Newsroom - Amanda Narda Mutia, atlet panjat tebing asal Jawa Timur, kembali menorehkan prestasi gemilang dengan berhasil meraih medali emas di nomor Boulder Putri pada pertandingan cabang olahraga panjat tebing PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Kamis (19/9/2024).

Sebelumnya, Amanda telah berhasil menajdi juara dengan meraih medali emas di nomor Speed Relay Putri dan medali perunggu di nomor Speed WR Perorangan cabang olahraga panjat tebing.

Prestasi tersebut menjadi penebusan dari hasil PON sebelumnya di Papua, di mana ia hanya berhasil meraih medali perak di nomor Boulder Tim Putri.

“Alhamdulillah, apa yang saya raih di PON XXI ini terasa terbayar, karena pada PON Papua saya hanya bisa mendapatkan perak di nomor Boulder Tim,” ungkap Amanda dengan rasa syukur.

Amanda juga menceritakan bahwa kecintaannya pada olahraga panjat tebing berawal dari keisengannya saat masih duduk di kelas 2 SD. Seiring berjalannya waktu, kecintaan itu tumbuh hingga ia menekuni panjat tebing sebagai olahraga prestasi.

“Medali ini saya persembahkan untuk orang tua saya yang selalu mendukung dalam kondisi apa pun, dan untuk pelatih yang telah mengajari saya panjat tebing dari nol,” ungkapnya.

Amanda menjelaskan bahwa persiapan atau latihan untuk mengikuti PON XXI telah dilakukan selama 3 tahun sebelumnya secara terus-menerus.

Selain berprestasi di tingkat nasional, Amanda juga sudah pernah mengikuti ajang internasional dan bahkan mengikuti kualifikasi Olimpiade.

Meski belum lolos ke Olimpiade, ia berharap dapat terus mengasah kemampuannya dan masuk ke Pelatnas untuk bisa berlaga di Olimpiade Los Angeles 2028. (red)

#PON XXI 2024 #PON ACEH-SUMUT 2024