Kamis, 2 Mei 2024

270 Pengurus Ponpes se-Kabupaten Mojokerto Belajar Pengembangan Pesantren

Diunggah pada : 21 Desember 2023 8:42:06 9
Fasilitasi Pengembangan Pesantren tahun 2023 di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Mojokerto bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto menggelar Fasilitasi Pengembangan Pesantren tahun 2023. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan manajemen dan pengetahuan mengenai materi pengelolaan dan pengembangan pondok pesantren di Bumi Majapahit.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto (21/12/2023), kegiatan yang digelar di Pondok Pesantren Al-Amin, Kabupaten Mojokerto ini diikuti lebih kurang 270 peserta dari pengurus pondok pesantren se-Kabupaten Mojokerto.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, mengatakan, pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memberikan pengajaran, pendidikan, dan keteladanan dari seorang kyai kepada santrinya.

"Sehingga pendidikan pesantren diharapkan dapat menempa diri santri menjadi pribadi yang mandiri, mengembangkan semangat kebersamaan yang meliputi sikap tolong-menolong dan persaudaraan sesama santri," ucapnya.

Bupati Ikfina juga meminta pesantren berperan aktif untuk melakukan pembinaan-pembinaan terkait kasus bullying maupun kekerasan seksual. Menurutnya, kasus-kasus tersebut sering terjadi di lembaga pendidikan, baik di sekolah maupun pesantren.

"Maka ini perlu kita cegah, bahwa perbuatan itu tidak boleh diteruskan dan harus berhenti", tegasnya.

Bupati Mojokerto ini meminta para pengasuh dan pengurus pesantren tak hanya memberikan pendidikan dan dakwah kepada para santri. Namun, juga memastikan hak-hak para santri yang usianya tergolong anak-anak terpenuhi dengan baik.

"Saya minta tolong betul-betul bisa dilaksanakan dengan baik. Nanti ke depannya mungkin kami akan turun, bagaimana kami memastikan bahwa pondok pesantren betul-betul sudah melaksanakan pemenuhan terhadap hak-hak anak," pungkasnya. (idc/s)

#Pesantren #Kabupaten Mojokerto