Kamis, 18 Juli 2024

26 ASN Pemprov Sumbar Magang di BPSDM Jatim

Diunggah pada : 26 Februari 2024 16:11:25 56
Asisten Administrasi Umum Setdaprov Jatim, Akhmad Jazuli (depan, tengah) saat sesi foto bersama usai pembukaan kegiatan magang para pegawai ASN Pemprov Sumbar, di Lt. 2, Ruang Sasana Wiyata Praja, BPSDM Jatim, Surabaya, Senin (26/2/2024). Foto : Henry / JNR

Jatim Newsroom – Sebanyak 26 pegawai ASN Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) melaksanakan kegiatan magang di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur (BPSDM Jatim). Kegiatan magang tersebut dilaksanakan mulai Senin, 26 Februari 2024, hingga Jumat, 1 Maret 2024. 

Mewakili Pj. Gubernur Jatim, Adhy Karyono, kegiatan magang dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setdaprov Jatim, Akhmad Jazuli, di Lt. 2, Ruang Sasana Wiyata Praja, BPSDM Jatim, Surabaya, Senin (26/2/2024). Saat ditemui, Ia mengatakan pihaknya mewakili Pemprov Jatim menyambut baik kegiatan magang ASN Pemprov Sumbar yang dilaksanakan di Provinsi Jawa Timur. 

“Tanggapan saya dari Pemprov Jatim terhadap adanya magang dari ASN Pemprov Sumbar di BPSDM Jatim ini sangat positif ya. Karena magang dari Sumatra Barat kesini tidak hanya semata-mata mencari ilmu, tetapi kita juga meminta informasi apa yang terbaik dan positif dari Sumatera Barat. Sehingga, ada simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan antara kedua provinsi,” tutur Jazuli. 

Jazuli menilai, kegiatan magang bagi ASN itu sangat penting dilakukan, karena peningkatan kualitas SDM suatu pemerintahan merupakan kunci keberhasilan pembangunan nasional. Terlebih menurutnya, manusia merupakan subjek dan sekaligus objek dalam pembangunan. 

“Maka pembangunan SDM, harus diarahkan untuk menjadi manusia yang benar-benar mampu dan memliki etos kerja yang produktif,” tukasnya. 

Kepada para peserta magang yang merupakan ASN Pemprov Sumbar, Jazuli berpesan, hendaknya memanfaatkan kegiatan magang ini seoptimalkan mungkin. “Dalam arti, apa yang baik dan kurang baik dilihat semuanya di Jawa Timur untuk bahan perbandingan. Supaya yang baik akan diterapkan di Sumatera Barat, dan kurang baik tolong menjadi saran-saran untuk kita di Jawa Timur,” pesan Jazuli. 

Dengan adanya magang ASN Pemprov Sumbar di BPSDM Jatim ini, Jazuli berharap ke depan, antara kedua belah pihak baik antara Pemprov Jatim maupun Pemprov Sumbar semoga lebih siap dan berkompeten selama menjadi ASN yang kreatif, inisiatif, dan kolaboratif. 

“Artinya kita ini jangan malas, harus cepat, dan tanggap terhadap perubahan. Mudah-mudahan magang ini betul-betul membawa keberkahan maupun kemaslahatan, bagi kedua pihak baik Pemerintah Provinsi Sumatera Barat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” harap Jazuli. 

Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Barat, Desniarti, mengatakan, kegiatan magang ASN Pemprov Sumbar ini merupakan wujud kerja sama antara Pemprov Sumbar dengan Pemprov Jatim dalam mengembangkan kompetensi ASN. Diungkapkannya, alasan Pemprov Sumbar memilih Provinsi Jawa Timur sebagai tempat magang ialah, karena pihaknya mengetahui bahwa Provinsi Jawa Timur ini memiliki banyak prestasi. 

“Seperti corporate university terakreditasi dan nilai SAKIP-nya juga sudah A, banyak juga nilai-nilai OPD-nya yang sudah A.  Selain itu, indeks reputasi birokrasi dan IP-ASN juga sudah bagus. Sedangkan, kalau Sumatra Barat nilainya masih B,” sebut Desniarti. 

“Jadi tujuannya magang para ASN yang terhitung selama empat hari ini, supaya apa yang positif dapat diambil oleh masing-masing OPD provinsi. Ingin kita komunikasikan di Provinsi Sumatera Barat sehingga kita harapkan kinerja provinsi Sumatera Barat juga meningkat,” sambung Desniarti. 

Desniarti menyebutkan, 26 orang pegawai ASN yang magang di BPSDM Jatim ini berasal 12 OPD Pemprov Sumbar. Setelah magang ini selesai, Desniarti berharap, para peserta dapat mempresentasikan hasil yang diperoleh dan memberikan masukan untuk peningkatan kinerja di Sumatera Barat. 

“Kami mengharapkan setelah ini juga ada kunjungan balasan dari Pemprov Jatim ke Sumatera Barat mungkin ada beberapa hal yang dapat ditiru juga,” pungkasnya. (vin-mrt/s) 

#ASN #BPSDM Jatim #Pemprov Jawa Timur #Pemprov Sumbar