Kamis, 18 Juli 2024

ASN Diskominfo TIK Sumbar Paparkan Hasil Magang di Kominfo Jatim

Diunggah pada : 1 Maret 2024 16:34:40 79
Penyusun Program Anggaran dan Pelaporan Bidang Sekretariat Diskominfo TIK Sumbar Ely Hamdayani, saat memaparkan hasil magang di Dinas Kominfo Jatim, di Ruang Kelas A, BPSDM Jatim, Surabaya, Jumat (1/3/2024). Foto : Rafly / JNR

Jatim Newsroom – Salah satu ASN Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar), dari Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfo TIK) memaparkan hasil magang di Dinas Kominfo Jatim yang dijalani selama beberapa hari dari Senin (26/2/2024) hingga Rabu (28/2/2024). 

Paparan tersebut disampaikan oleh seorang Penyusun Program Anggaran dan Pelaporan Bidang Sekretariat Diskominfo TIK Sumbar Ely Hamdayani, di Ruang Kelas A, BPSDM Jatim, Surabaya, pada Jumat (1/3/2024). Dalam memaparkan materinya, Ia didampingi oleh Sekretaris Dinas Kominfo Jatim, Suharlina Kusumawardani. 

Saat ditemui usai memaparkan materinya, Ely menjelaskan, program magang ASN Provinsi Sumatera Barat di Pemerintah Provinsi Jawa Timur adalah implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP),  dan strategi dalam peningkatan nilai SAKIP pada Pemprov Jatim sesuai dengan lokus di Dinas Kominfo Jatim. 

“Di samping itu kami juga melakukan diskusi di beberapa bidang pada Dinas Kominfo Jatim, seperti Bidang data dan statistik, Bidang Aptika, dan IKP selain dengan sekretariat yang mengampu SAKIP. Tujuannya adalah karena SAKIP itu tidak berdiri sendiri, tapi didukung oleh capaian-capaian yang ada pada bidang,” jelas Ely

Lebih lanjut, dalam materi paparannya Ia menerangkan, ada beberapa inovasi milik Kominfo Jatim yang menurutnya menarik. Program tersebut diantaranya, Klinik Hoaks, Siperantupai, Satu Data (SATA) Jatim Award, dan Open Data Jatim. 

“Karena inovasi yang saya lihat di Dinas Kominfo Jatim sangat bermanfaat untuk kinerja kita sehari-hari dan mendukung capaian organisasi. Contohnya Klinik Hoaks, itu luar biasa karena tidak hanya bermanfaat untuk kita sebagai ASN. Tetapi manfaatnyaa lebih dirasakan oleh masyarakat. Dengan adanya klinik hoaks, kita membantu masyarakat dalam memilah dan memilih mana berita dan informasi benar dan mana yang hoaks. Itu inovasi luar biasa menurut saya,” tutur Ely. 

“Lalu ada inovasi Siperantupai, yang memberikan notifikasi untuk pengisian absensi dan SKP. Selain itu, ada SATA Jatim Award yang merupakan salah satu cara untuk mendorong Perangkat Daerah dalam menginput data statistik sektoralnya pada portal satu data. Bagi kami di Sumbar, ini sangat diperlukan dan menurut saya merupakan gebrakan yang bagus dengan adanya award, sehingga Perangkat Daerah merasa termotivasi,  dalam mengupdate data statistik sektoralnya,” sambung Ely. 

Ely mengungkapkan, setelah magang ini pihaknya pasti akan menyampaikan hasilnya kepada pimpinan. Ia berharap, supaya program ini dapat terus berlanjut dan berkesinambungan. 

Tak lupa, Ely pun mengucapkan terima kasih kepada BPSDM Provinsi Jawa Timur yang sudah mengadakan program Corpu, dalam bentuk magang bagi ASN Pemprov Sumbar ke Pemprov Jatim. 

“Terima kasih kepada Kepala Dinas Kominfo Jatim Ibu Sherlita dan Sekretaris Kominfo Jatim, Ibu Suharlina Kusumawardani beserta tim yang luar biasa dan solid yang telah menerima kami dengan sangat baik, memfasilitasi kami selama magang di Dinas Kominfo Jatim,” ucapnya. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Jatim, Suharlina Kusumawardani mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Diskominfotik Sumbar yang telah bersedia bertukar ilmu dan berbagi informasi dengan Dinas Kominfo Jatim. 

“Terima kasih paparannya Bu Ely beliau sudah menjalani program magang dengan baik selama tiga hari mulai pagi hingga malam di Diskominfo Jatim. Saya berharap hasil magang ini bisa dimanfaatkan walaupun tidak banyak yang bisa kita bagikan. Kita pun sedang berusaha mendapatkan nilai SAKIP yang AA sama-sama. Monggo kalau ada yang baik dari Pemprov Jatim itu direplika, maupun PKS, dengan senang hati kalau Pemprov Sumbar mengundang kita juga ke sana,” pungkas Suharlina. (vin/s)

#pemprov jatim #ASN #kominfo jatim #BPSDM Jatim #Pemprov Sumbar #Diskominfo TIK Sumbar