Jumat, 20 September 2024

Pasca Pandemi Covid -19, Patroli Air Terpadu Jatim Pantau Kondisi Kali Surabaya

Diunggah pada : 25 Agustus 2022 23:55:20 123
Tim Patroli Air Terpadu Jatim mengambil sample air dar PT Dayasa Aria Prima

Jatim Newsroom- Pasca pandemi Covid -19, tim patroli air terpadu Jatim kembali rutin memantau titik-titik pembuangan yang diduga limbah oleh sejumlah perusahaan yang berada di sepanjang Kali Surabaya. 

"Kita gencarkan lagi patroli pasca pandemi, apalagi Sekarang musim kemarau volume dan oksigen dalam air pasti berkurang, jika banyak yang buang limbah ke sungai maka akan berbahaya," kata Ketua Tim Patroli Air Terpadu Jatim, Imam Rochani Kamis (25/8/2022).

Menurut Imam,  kalau musim penghujan patroli cukup sebulan sekali,  namun jika kemarau pengawasan aliran sungai bisa sebulan dua kali, " ucapnya.

Patroli rutin dilakukan setiap bulan oleh tim gabungan dari Diskminfo Jatim, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), PJT I, BPWS,  Konsorsium Lingkungan Hidup, dan Garda Lingkungan Jatim. “Kali Surabaya kerap menjadi titik pantau kami karena di kawasan ini banyak pabrik dan home industri,” tutur Imam. 

Pada patroli kedua di Bulan Agustus ini, hanya munurunkan tim sungai dengan dua armada perahu,“Perahu motor kita arahkan menelusuri aliran kali Surabaya mulai rolak Gunungsari hingga Driyorejo Gresik,” kata Imam.

Di Patroli kali ini, tim mengambil sample air dar PT Dayasa Aria Prima dan PT Miwon Indonesia. ”Ini sudah yang ketiga kali keempat kali kami ambil sample PT Miwon, semua kita masukkan laboratotium,” terangnya.

Sementara Koordinator Garda Lingkungan, Didik Harimuko menambahkan, saat menelusuri Kali Surabaya, selain memantau saluran pembuangan pabrik, tim menemukan sampah rumah tangga di beberapa titik serta banyak pohon yang menjuntai ke sungai yang membuat banyak sampah tersangkut.

"Kami memantau banyak sampah yang menumpuk di bantaran sungai itu pastinya mencemari sungai, kami berharap pihak yang punya wewenang mengatasi persoalan ini dapat segera bertindak," harap Didik. (hjr)

#patroli air terpadu jatim