Jumat, 20 September 2024

Patroli Air Terpadu Jatim Sebar 40 Ribu Bibit Ikan di Kali Surabaya

Diunggah pada : 18 Juni 2023 12:00:31 155
Patroli Air Terpadu Jatim saat menebar benih ikan di Kali Surabaya, Minggu (18/6/2023)

Jatim Newsroom -Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Tim Patroli Air Terpadu Jawa Timur menggelarJelajah Lingkungan, penyebaran 40 ribu bibit ikan, dan penanaman 750 bibit mangga, alpukat, belimbing, dan sawo di Desa Krembangan, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo.

"Jenis ikan yang disebar di Kali Surabaya adalah ikan Wader, tawes, baderbang, nilem, dan muraganting, sedangkan untuk tanaman buah penanamannya ada di beberapa titik," kata Direktur Konsorsium Lingkungan Hidup, Imam Rochani, Minggu (18/6/2023).

Dikatakan Imam, dikegiatan hari ini didukung Dinas Lingkungan Hidup Jatim, Satpol PP Jatim, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, DLH Kabupaten Sidoarjo, Perum Jasa Tirta I, Garda Lingkungan, Konsorsium Lingkungan Hidup, PT Suparma Tbk, dan Perangkat Desa Krembangan Kecamatan Taman.

Menurutnya rangkaian peringatan dimulai dengan Rembuk Lingkungan di Balai Desa Krembangan,  dilanjutkan Jelajah Lingkungan, penyebaran bibit ikan,  dan penanaman bibit pohon. "Kami ingin mengajak masyarakat peduli lingkungan dan ikut menjaganya, sebab lingkungan adalah persoalan bersama," kata Iman.

Lebih lanjut dikatakannya, dipilihnya Desa Krembangan sebagai pilot project pelaksana kegiatan lingkungan hidup karena lokasinya  berdampingan dengan Kali Surabaya yang notabennya adalah kali utama wilayah Gresik, Sidoarjo dan Surabaya.

"Kta ingin sampah plastik nanti diolah menjadi tas, atau cinderamata menjadi uang dan kembali ke masyarakat sekitar kali,"terangnya.

Sementara salah satu pendukung kegiatan lingkungan, PT Suparma Tbk, mengaku siap mendukung kegiatan lingkungan. "CSR kami selain untuk kesehatan dan pendidikan juga untuk pelestarian lingkungan khususnya menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia," kata PR PT Suparma Tbk,  Wahyu Kristiawan.

Dikatakannya, lingkungan ini harus dijaga untuk diwariskan ke anak cucu. "Lingkungan ini harus kita jaga jangan sampai ada polusi jangan sampai tercemar demi kebaikan kita bersama jadi kita akan selalu bekerja sama dengan pihak manapun dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan," pungkasnya.(hjr)

#Hari lingkungan hidup dunia #patroli air terpadu jatim