Jumat, 20 September 2024

Cegah Kekerasan Seksual

Mahasiswa KKN 111 UINSA Edukasi Siswa SMPN 2 Pakuniran Probolinggo

Diunggah pada : 30 Juli 2024 18:32:13 41
Foto : Mahasiswa UINSA Surabaya

Jatim Newsroom - Banyaknya perilaku menyimpang yang ada di kalangan pelajar, membuat mahasiswa KKN 111 UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya memberikan edukasi pencegahan kekerasan seksual, anti bullying dan penggunaan narkoba di SMPN 2 Pakuniran,Kabupaten Probolinggo dengan mengadakan seminar bertajuk 'Menciptakan Generasi Berintegritas dalam Terbentuknya Lingkungan yang Positif'.

Dalam keterangannya kepada Jatim Newsroom, pada Selasa (30/7/2024), mahasiswa UINSA bernama Haidar Rafli Putra Suhardi menjelaskan, seminar ini diadakan karena banyaknya kasus perundungan, konsumsi minuman keras dan obat-obatan terlarang, pada kalangan pelajar di Desa Glagah, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo.

"Tema 'Menciptakan Generasi Berintegritas dalam Terbentuknya Lingkungan yang Positif' ini, diambil dengan maksud bahwa remaja sebagai penggerak generasi masa depan harus mempunyai komitmen tinggi untuk menjunjung nama baik bangsa dengan membuat lingkungan positif bebas dari pembullyan, pelecehan seksual dan penggunaan narkoba," jelas Haidar.

Lebih lanjut Haidar menerangkan, seminar yang diadakan pada Kamis (18/7/2024) ini, turut menghadirkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibnas) sebagai pembicara, yakni Bripka Danu Eka Prabowo untuk memberikan edukasi kepada siswa siswi kelas IX di SMP Negeri 2 Pakuniran. Dikatakannya, seminar ini diawali dengan sambutan dari ketua kelompok KKN 111 UIN Sunan Ampel Surabaya dan dilanjutkan dengan sambutan kepala sekolah SMP Negeri 2 Pakuniran.

"Selanjutnya masuk dalam inti dari acara tersebut yakni pemaparan materi oleh narasumber yang diawali dengan penyampaian larangan bullying dan dilanjutkan dengan masalah bullying kemudian bahaya narkoba," terangnya.

Pada paparannya, Bripka Danu menjelaskan, pelecehan seksual bisa dilakukan di media sosial dengan menyebar foto atau video tidak senonoh. “Kalian sebagai pelajar sebaiknya bisa bersikap bijak dan mampu menyaring konten atau hal – hal yang tidak pantas untuk kalian lihat bukan malah menyebar luaskan” ujar Bripka Danu.

Pelecehan seksual menyebar konten tersebut, menurut Bripka Danu, juga masuk ke ranah bullying.Lalu, saat menjelaskan mengenai bahaya narkoba, Bripka Danu pun memaparkan jenis – jenis obat terlarang kepada pelajar terutama dikalangan pelajar laki – laki dan menghimbau untuk menjauhi jenis obat tersebut."Kita boleh mengenal dan mengetahui obat – obat an ini untuk wawasan tetapi jangan sekali-kali mendekat atau bahkan mencoba walau sekali saja” tukas Bripka Danu.

Dalam kegiatan seminar ini, diketahui juga diisi dengan pemberian branding mengenai perkuliahan khususnya di UIN Sunan Ampel Surabaya. Seminar ini ditutup dengan sesi tanya jawab mengenai materi yang sudah dipaparkan oleh pembicara. Setelah diadakan seminar ini, diharapkan dapat menambah wawasan bagi para pelajar dan berkurangnya tindakan menyimpang seperti perundungan yang dilakukan dikelas. (vin/hjr)

Foto : Mahasiswa UINSA Surabaya

#KKN #uinsa #UINSA Surabaya