Jumat, 20 September 2024

Mahasiswa KKN 111 UINSA Bangun Ikatan Orang Tua dan Anak di Desa Glagah Probolinggo

Diunggah pada : 29 Juli 2024 21:34:06 50
Foto : Mahasiswa UINSA

Jatim Newsroom - Guna membangun ikatan antara orang tua dengan anak, para mahasiswa KKN 111 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) mengadakan permainan edukasi bola ketangkasan, di Desa Glagah, Kecamatan Pakuniran Probolinggo Jawa Timur.

Berdasarkan keterangan yang diterima Jatim Newsroom pada Senin (29/7/2024), seorang mahasiswa UINSA bernama Thorico Syifa Ardiansyach menyampaikan, kegiatan yang berlangsung pada Rabu (16/7/2024) ini dimulai dengan pendataan siswa-siswi TK Nusa Indah di Desa Glagah, yang dipandu oleh guru dan diikuti dengan pembacaan doa. Setelah pembukaan, anak-anak melakukan senam ceria di luar kelas dengan senam penguin yang dipandu oleh instruktur dari panitia KKN.

"Lalu, siswa-siswi diarahkan masuk ke kelas untuk pembiasaan, yang mencakup pembacaan Pancasila, menyanyi, dan menari bersama," ujar Thorico

Selanjutnya, Thorico menerangkan, dalam permainan beberapa wali murid pun diminta untuk berinteraksi dengan anak-anak mereka melalui game bola ketangkasan. Pada permainan, terdapat basket atau tempat untuk meletakkan bola yang diberi tanda dengan opsi pilihan ganda (A, B, C, D).

"Wali murid diberi pertanyaan dan dijawab oleh anaknya dengan memasukkan bola ke basket yang sesuai. Contoh soal yang diberikan adalah 'Berapa rakaat shalat isya dilakukan?' dengan opsi jawaban A=1, B=2, C=4, D=3. Game ini bertujuan melatih kerjasama antara anak dan orang tua, serta meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan motorik anak," terangnya.

Guna menambah semangat dan kompetisi, Thorico mengungkapkan, hadiah yang disediakan berupa susu kotak yang diberikan kepada peserta. "Antusiasme terlihat dari orang tua dan siswa yang sangat menikmati kegiatan ini. Siswa-siswi TK Nusa Indah tampak bahagia saat bermain bola ketangkasan bersama orang tua mereka. Aktivitas ini tidak hanya mengasah keterampilan motorik anak, tetapi juga mempererat ikatan emosional antara orang tua dan anak," ungkap Thorico.


Kegiatan parenting yang disisipkan dalam acara ini, menurut Thorico, dapat memberikan kesempatan kepada orang tua untuk memahami pentingnya keterlibatan mereka dalam tumbuh kembang anak. Interaksi langsung dalam game bola ketangkasan memberikan contoh nyata bagaimana konsep ini dapat diterapkan di rumah," tukas Thorico.


Thorico mengatakan, acara ini ditutup dengan sesi foto bersama dengan penuh keceriaan. Menurutnya, momen ini menjadi dokumentasi penting bagi para siswa, orang tua, dan guru sebagai kenang-kenangan dari kegiatan yang bermanfaat.

"Mahasiswa KKN yang terlibat juga memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat konten edukatif yang akan dibagikan dalam laporan KKN dan media sosial, dengan harapan dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk mengadakan kegiatan serupa di lingkungan mereka," pungkasnya. (vin/s)

#Probolinggo #KKN #uinsa #UINSA Surabaya