Jumat, 20 September 2024

Dorong Ekonomi Lokal, Mahasiswa KKN UIN SATU Dampingi Desa Prambon Trenggalek Daftar NIB

Diunggah pada : 21 Agustus 2024 10:27:37 299
Mahasiswa KKN Divisi Ekonomi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU) melakukan pendampingan dan penyuluhan kemudahan legalitas usaha melalui pendaftaran NIB. Foto : Mahasiswa KKN UIN SATU

Jatim Newsroom - Guna mendorong pertumbuhan ekonomi lokal di Desa Prambon, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, sekelompok mahasiswa KKN Divisi Ekonomi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU) berkolaborasi dengan perangkat  Desa Prambon serta instansi terkait seperti Organisasi Pendampingan Sertifikasi Halal dalam penyelenggaraan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) melakukan pendampingan dan penyuluhan kemudahan legalitas usaha melalui pendaftaran NIB. 

Dalam rilis yang diterima Jatim Newsroom pada Rabu (21/8/2024)  dijelaskan, bahwa dalam proses pembuatan NIB, Pelaku Usaha (PU) diminta memenuhi persyaratan terlebih dahulu, termasuk fotokopi KTP PU, lokasi usaha, Email PU, serta nomor kontak PU. Setelah persyaratan terpenuhi, PU hanya perlu menunggu kurang lebih satu kali 24 jam untuk mendapatkan NIB yang sudah terdaftar.

Pendamping NIB, Wilis menerangkan, program pendampingan warga Desa Prambon Trenggalek untuk izin berusaha ini juga memberikan pelayanan yang komprehensif bagi pelaku usaha di Desa Prambon. Pasalnya, hal tersebut karena tidak perlu repot mencari jaringan dalam pembuatan NIB, semua proses dapat difasilitasi serta dibantu secara efisien san peaktis melalui perangkat desa maupun mahasiswa KKN.

“Untuk UMKM sendiri sebenarnya di Desa Prambon banyak, tapi informasi perizinan usaha masyarakat masih awam dan belum menyebar ke para pelaku usaha itu sendiri. Jadi nanti kita harapkan kerjasama dengan mahasiswa KKN, sosialisasi pelaku usaha nanti perlu dilakukan, lalu selanjutnya proses penginputannya nanti bareng-bareng.” ujar Wilis. 

Sosialisasi Bersama dengan Pendamping NIB dan Pelaku Usaha. Foto : Mahasiswa KKN UIN SATU

Dalam kegiatan ini, para panitia penyelenggara pendaftaran NIB pun siap memberikan konsultasi kepada pelaku usaha yang mengalami kendala dalam proses pendaftaran NIB. 

Diketahui, banyak sekali para pelaku usaha di Desa Prambon yang menerima program layanan ini. Salah satunya PU UMKM cathering roti dan jajanan kering maupun basah, bernama Liana. Ia mengaku merasa sangat terbantu dengan adanya program pembuatan NIB. 

"NIB ini akan memudahkan proses Sertifikasi Halal di masa depan, sehingga produk yang saya jual dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan membuka peluang untuk menjalin kerjasama bisnis yang lebih luas," pungkas Liana. (vin/hjr)

#Trenggalek #mahasiswa #KKN #UIN SATU #Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung