Jumat, 20 September 2024

Lamongan Siap Kawal Kesuksesan Pilkada 2024

Diunggah pada : 5 Agustus 2024 19:38:19 183
Rapat kesiapsiagaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Rapat kesiapsiagaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 resmi dibuka oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi di gedung Sport Center Lamongan, Senin (5/8/2024).



Mengutip rilis Humas Pemerintah Kabupaten Lamongan, rapat koordinasi ini memiliki tujuan utama yaitu kesiapan dalam mewujudkan kesuksesan pilkada 2024. 



Keberhasilan pilkada yang dapat diukur dari capaian empat indikator yakni berlangsung aman dan lancar, partisipasi pemilih tinggi, tidak ada konflik yang merusak persatuan, serta pemerintahan dan pelayanan masyarakat berjalan tanpa gangguan.



"115 hari lagi kita akan melangsungkan pilkada atau tepatnya pada 27 November 2024. Keberhasilan pilkada merupakan tanggung jawab kita semua, kegiatan-kegiatan yang bertujuan memantapkan kesiapan dan kebersihan pemilu terus kita lakukan agar memberikan manfaat bagi masyarakat. Serta menghadirkan kondusivitas pemilu sehingga suasananya nyaman, damai, aman," tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes.



Selanjutnya Bupati Lamongan meminta agar keberhasilan pemilu presiden dan legislatif pada Februari lalu dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Mulai dari capaian partisipasi pemilih yang melampaui target nasional yakni 80% ke atas hingga kondusivitas masyarakat.



Lebih lanjut, Pak Yes memaparkan tantangan bagi Kabupaten Lamongan dalam menjaga kondusivitas pilkada, yakni  jumlah administratif wilayah. Menjadi daerah dengan jumlah desa (462) dan kelurahan (12) terbanyak di Jawa Timur, Pak Yes menyikapi hal demikian sebagai bonus demografi. Hal ini dibuktikan dengan angka partisipasi publik pemilu di Lamongan selalu meningkat dari tahun ke tahun.



"Ada tantangan tersendiri untuk Kabupaten Lamongan dalam menjaga kondusivitas pemilu, karena kita memiliki jumlah desa/kelurahan terbanyak di Jawa Timur. Dari 1.381.414 penduduk di Lamongan, 63 persen merupakan penduduk dengan usia produktif. Kita harus manfaatkan bonus demografi ini untuk memilih calon pemimpin negeri tercinta," ungkap Pak Yes di hadapan tujuh ratus peserta yang hadir.



Dilaporkan oleh Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Lamongan yang diwakilkan oleh Wakapolres Lamongan, Akay Fahli bahwa Polres Lamongan aktif melakukan giat cipta kondisi pada sebelum, saat, hingga usai pelaksanaan pilkada. Aksi tersebut bertujuan untuk memastikan kondusivitas masyarakat.



"Situasi Kamtibmas sampai hari ini secara umum aman. Seluruh pasukan akan kita aktifkan untuk giat cipta kondisi dalam sambut pilkada. Ada beberapa konflik perguruan silat juga sudah kami tegaskan untuk melanjutkan ke jalur hukum," kata Akay.



Akay menambah kemajuan digitalisasi dan  sosial media dapat dimanfaatkan untuk memberikan literasi demokrasi untuk masyarakat.  Sehingga sosialisasi demokrasi dapat lebih efektif. (idc/hjr)

#Kabupaten Lamongan #pilkada 2024