Kamis, 19 September 2024

Lantik 400 PNS, Lamongan Siap Maksimalkan Pelayanan Publik

Diunggah pada : 11 September 2024 22:33:32 37
Pelantikan 400 PNS di Lamongan. Sumber Foto: Pemkab Lamongan

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Lamongan melantik dan mengambil sumpah 400 pegawai negeri sipil (PNS) dalam jabatan fungsional di Aula Gadjah Mada Pemerintah Kabupaten Lamongan.



Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Lamongan, Rabu (11/9/2024), 400 PNS tersebut tersebar di lima perangkat daerah Kabupaten Lamongan. Dengan rincian empat PNS di Inspektorat, 301 PNS Dinas Pendidikan, 59 PNS Dinas Kesehatan, 24 PNS RSUD dr.Soegiri, dan 12 PNS RSUD Ngimbang.



Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi yang akrab disapa Pak Yes menuturkan sebagai aparatur sipil negara diwajibkan memberikan pelayanan publik yang maksimal.



"Pertama saya ucapkan selamat atas jabatan fungsional saat ini. Saya yakin dalam menjalankan pekerjaan, Anda semua pasti bersinggungan langsung dengan pemberian layanan publik. Memberikan pelayanan publik yang maksimal, merupakan salah satu wujud PNS dalam berkinerja yang selalu positif dan baik," tutur Pak Yes.



Selanjutnya, orang nomor satu di Kota Soto tersebut menjelaskan kinerja yang baik dapat direalisasikan dengan peningkatan kapasitas diri. Mengingat dinamika permintaan masyarakat akan terus bertambah.



Dengan itu Pak Yes meminta agar seluruh PNS yang baru saja dilantik terus menambah kapasitas diri. Pasalnya, dengan ilmu pengetahuan yang luas dipastikan mampu mendedikasikan kinerja yang memuaskan.



"Anugerah jabatan fungsional harus memacu Anda agar meningkatkan kapasitas diri. Itu bisa kita dapatkan dari ilmu pengetahuan, mengikuti pendidikan diklat, meneruskan pendidikan akademik dan non akademik, serta mengikuti kegiatan-kegiatan lain," tutur Pak Yes.



Tak lupa, Pak Yes juga mengajak para ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Lamongan terus mempertahankan capaian. Terutama dalam hal pengelolaan manajemen pemerintahan. Salah satu capaian yang baru saja diraih adalah penghargaan Pandu Negeri tahun 2024 oleh Indonesian Institute for Public Governance (IIPG).



Penghargaan dengan kategori platinum (pemerintah daerah dengan kinerja dan governansi istimewa) ini menandakan, Pemerintah Kabupaten Lamongan telah memenuhi kualifikasi ragam penilaian yang sudah ditentukan.



Di antaranya ialah aspek pertumbuhan ekonomi, pengembangan sumber daya manusia, serta hasil transformatif dan inovatif. Selain itu, tata kelola keuangan, pemerintahan, dan antikorupsi juga menjadi bagian dari evaluasi.



Praktik pengelolaan tata pemerintahan yang baik juga ditunjukkan dari aspek kinerja Indeks Reformasi Birokrasi. Pada tahun 2021 ada pada angka 68,35, tahun 2022 meningkat menjadi 70,02, dan tahun 2023 meningkat lagi menjadi 75,89.



Tidak hanya itu, Kabupaten Lamongan juga  menunjukkan kinerja yang baik dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan nilai 89, Indeks Birokrasi 75,89, dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 3,96 (berkategori sangat baik),



Selain itu, indeks Survei Penilaian Integritas (SPI) 80,41 (terjaga), Indeks Sistem Merit 295, hasil evaluasi kepatuhan pelayanan publik dari Ombudsman dengan hasil A atau kategori hijau, dll.



"Penghargaan sangat penting untuk mengukur kinerja kita, yang setelahnya kita dapat memperbaiki atau mempertahankan kinerja kita," pungkas Pak Yes. (rid/idc/hjr)

#Kabupaten Lamongan #PNS #pemkab Lamongan