Jumat, 20 September 2024

Jatim Monev Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa

Diunggah pada : 11 November 2023 20:46:50 317
Monitoring dan Evaluasi Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Gelombang Pertama.

Jatim Newsroom – Pemerintah pusat dan daerah terus berupaya mendorong Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD). Program ini dilaksanakan untuk mendukung pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Selanjutnya dilakukan  Monitoring dan Evaluasi P3PD gelombang pertama. Monev yang berlangsung 8-10 November 2023 ini dilakukan bersama beberapa satuan kerja terkait, yaitu Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur (DPMD Jatim) bersama Tenaga Ahli Regional Management Consultant (RMC) Wilayah IV Jawa Timur, serta Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di empat kabupaten, yaitu Kabupaten Madiun, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Bondowoso, serta sampling di lokasi desa-desa yang sudah diintervensi dengan Program P3PD ini.

“Hal ini bertujuan untuk mengukur efektivitas dan perkembangan penerapan atau implementasi dari program pelatihan yang telah diikuti sebelumnya oleh aparatur desa terkait,” ujar Analisis Kebijakan Ahli Muda, Dwi Poernomo.

Perlu diketahui, P3PD dilaksanakan oleh empat kementerian dan Lembaga, yaitu Komponen I oleh Kementerian Dalam Negeri, Komponen II oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Komponen III oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan sekaligus Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional.

P3PD Komponen I diarahkan untuk mendorong efisiensi dan efektivitas penguatan desa melalui pengembangan dan peningkatan sistem serta memperkuat kapasitas aparatur desa, kelembagaan desa serta sistem akuntabilitas yang akan mengarah pada peningkatan kualitas belanja di tingkat desa.

Tim Monitoring dan Evaluasi P3PD DPMD Jatim menyampaikan, pasca pelatihan P3PD sekaligus memperhatikan kondisi di Desa, ada upaya dari Kepala Desa untuk meningkatkan kapasitas Aparatur Desa melalui rencana dan penganggaran untuk kegiatan-kegiatan tahun 2024.

Fokusnya pada 8 jenis Pelatihan yaitu Pelatihan Aparatur Desa Penetapan dan Penegasan Batas Desa (PPBDES), Pelatihan Aparatur Desa (PAD) Dasar, Bimtek PKD Bagi Pemerintah Desa, Pelatihan Penguatan BPD, Pelatihan Penguatan Kerja Sama Desa, Pelatihan Penguatan PKK, Pelatihan Penguatan Posyandu, serta Pelatihan Penguatan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) Lembaga Adat Desa (LAD). (rbi-idc/s)


#DPMD