Minggu, 15 September 2024

WKS Beri Pelatihan Masyarakat di Pacet Mengolah Bunga Talang

Diunggah pada : 9 November 2023 9:16:59 55
Para dosen UWKS dengan masyarakat di sekitar Pondok Pesantren Cepokolimo, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Jatim Newsroom- Dosen program studi (prodi) Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS), memberdayakan masyarakat sekitar Pondok Pesantren Cepokolimo Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto, beberapa waktu lalu.

Program pengabdian masyarakat itu merupakan program hibah internal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UWKS dengan judul “Pengolahan Sirup Bunga Telang Kering di Ponpes Cepokolimo Pacet Mojokerto”.

Pelatihan dilakukan oleh Tri Rahayuningsih, Marina Revitriani, Endang Noerhartati dan Mujianto agar masyarakat sekitar Pondok Pesantren Cepokolimo bisa mengolah bunga telang segar menjadi bunga telang kering dan sirup bunga telang kering.

Selaras dengan visi misi ponpes yaitu memberdayakan masyarakat sekitar dan mengangkat perekonomian, maka sangat sesuai apabila dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Ponpes Cepokolimo Dusun Cepokolimo Desa Cepokolimo Pacet Mojokerto.

Ketua Tim Pengmas, Tri Rahayuningsih mengatakan sengaja memanfaatkan bunga talang karena di daerah Pacet sangatlah banyak dan belum dimanfaatkan oleh warga.

Apalagi, kata Tri, bunga telang sudah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk penyembuhan berbagai penyakit sehingga dijadikan salah satu tanaman obat keluarga (TOGA).

Bunga telang juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati mata merah, mata lelah, tenggorokan, penyakit kulit, gangguan urinaria dan anti racun. Tanaman telang sangat mudah dibudidayakan di berbagai lokasi dan tempat.

“Selain sebagai tanaman obat, bunga telang bisa dimanfaatkan sebagai sumber pewarna alami untuk minuman. Produk minuman bunga telang yang sangat popular adalah sirup bunga telang,” kata Tri, di Surabaya, Kamis(9/11/2023).

Sirup merupakan larutan kental dengan kandungan minimal 80% gula pasir. Salah satu keuntungan olahan sirup adalah lebih awet sehingga jangkauan pemasaran labih luas. Sirup adalah sejenis minuman berupa larutan yang kental dengan citarasa yang beraneka ragam.

Pengolahan bunga telang segar menjadi bunga telang karing serta pengolahan sirup bunga telang kering sangat mudah diimplementasikan di masyarakat karena menggunakan teknologi sederhana dan tepat guna.

Dusun Cepokolimo berlokasi sangat dekat dengan Kota Pacet yang saat ini terkenal sebagai daerah wisata. Akses menuju kota Pacet mudah dijangkau dari kota besar seperti Surabaya. Hal ini merupakan potensi dan prospek semakin banyak wisatawan akan mengunjungi kota Pacet.

Sehingga sirup bunga telang nantinya bisa dijadikan sebagai produk khas Dusun Cepokolimo. Ponpes Cepokolimo berlokasi berdampingan dengan hutan pinus milik Perhutani. Hutan pinus tersebut merupakan salah satu daya tarik Desa Cepokolimo memiliki ketinggian ± 800 m di atas permukaan laut dengan letak geografis 7˚39’47” LS dan 112˚33’23” BT.

”Untuk itu, tim pengabdian kepada masyarakat ini membantu memberikan teknologi pengolahan bunga telang kering dan sirup bunga telang kering supaya bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar Pondok Pesantren Cepokolimo Pacet Mojokerto.

Pengabdian masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi itu dibantu beberapa mahasiswa. Tim melakukan pelatihan pengolahan bunga telang kering dan sirup bunga telang kering. ”Diharapkan dengan kegiatan ini bisa membantu masyarakat sekitar pondok pesantren melakukan wirausaha bunga telang kering dan sirup bunga telang kering.

Bahkan oleh pemilik pondok pesantren produk sirup bunga telang kering sudah dijadikan bingkisan saat ada tamu mengikuti kegiatan santri lansia yang diadakan setiap hari sabtu dan minggu. (mad/hjr)

#UWKS