Jumat, 26 April 2024

Warga Karanglo Lor Undang Bupati Sugiri Jaga Tradisi Sedekah Bumi

Diunggah pada : 19 Maret 2023 20:06:13 79

Jatim Newsroom - Warga Desa Karanglo Lor Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo menjaga tradisi menyambut datangnya masa panen. Yaitu dengan menggelar acara sedekah bumi, Minggu (19/3/2023). Sesepuh Desa Karanglo Lor  mengawali memetik padi sebagai pertanda waktu panen telah tiba. 

Bersamaan itu, warga yang mayoritas petani duduk melingkar beralaskan tikar. Mereka membawa nasi berbungkus daun pisang dengan lauk daging ayam utuh (ingkung) dan beraneka jajan dari rumah untuk kenduri di persawahan. Pemuka agama desa setempat memimpin doa sebelum acara santap bersama sambil berbagi makanan.

‘’Sebagai rasa syukur atas melimpahnya hasil bumi yang diberikan Tuhan,’’ kata Kepala Desa Karanglo Lor Sumari. 

Menurut dia, doa juga dipanjatkan agar masa tanam berikutnya membawa hasil yang tidak kalah berlimpah. Tradisi sedekah bumi di Desa Karanglo Lor sudah berlangsung turun menurun berpuluh tahun lamanya.

‘’Berdoa agar selalu diberikan kesehatan dan kelancara dalam mencari nafkah,’’ terang Sumari.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko yang hadir dalam acara sedekah bumi itu mengapresiasi kearifan lokal di Desa Karanglo Lor. Bertani merupakan pekerjaan yang mulia sekaligus memelihara budaya. ‘’Tradisi bersyukur atas hasil panen, sekaligus bersedekah  untuk hasil masa tanam berikutnya,’’ jelasnya. (why/n)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo