Sabtu, 20 Juli 2024

Wali Kota Mojokerto Sosialisasikan Perkoperasian Bagi Kalangan Gen Z

Diunggah pada : 1 September 2023 11:49:53 33
Sumber foto : Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom – Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, secara langsung menyapa ratusan siswa SMA/SMK negeri dan swasta di Kota Mojokerto, guna menyosialisasikan perkoperasian di kalangan Generasi Z. Kali ini, giliran bagi siswa SMA TNH, SMA Katholik St. Thomas Aquino, dan SMKN 1 Kota Mojokerto. 

Sosialisasi ini, terkait salah satu peran wali kota dimana pada tahun 2022 lalu, Ia dinobatkan sebagai Penggerak Koperasi Terbaik tingkat Nasional. Wali Kota Mojokerto yang biasa disapa Ning Ita ini, mendapati adanya urgensi keikut sertaan generasi yang lahir pada rentang 1997-2012 untuk berkoperasi.

"Koperasi ini kan Soko Guru Perekonomian Bangsa Indonesia, dari 201 Koperasi se-Kota Mojokerto tidak ada satu pun anggota nya Gen Z, mayoritas anggotanya generasi boomer bahkan lansia. Lalu siapa yang akan melanjutkan tegaknya koperasi di Indonesia," ungkap Ning Ita, melalui pers rilis Diskominfo Kota Mojokerto, pada Jumat (1/9/2023). 

Ning Ita pun menekankan, koperasi harus menjadi bagian dari kehidupan perekonomian anak muda. Dengan koperasi yang beranggotakan Generasi Z diharapkan koperasi akan mampu setara dengan badan usaha - badan usaha lainnya yang memanfaatkan teknologi informasi.

"Setelah ini saya berharap Gen Z mau menjadi bagian dari anggota koperasi, mau memajukan koperasi dengan memanfaatkan teknologi informasi di dalam pelaksanaan perkoperasian yang mereka menjadi bagian sebagai anggotanya tersebut," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kota Mojokerto Ani Wijaya menjelaskan, saat ini Kota Mojokerto sedang kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) perkoperasian dari kalangan anak muda.

"Maka kami upayakan melakukan pendekatan kepada generasi Z, salah satunya dengan melakukan sosialisasi perkoperasian turun langsung ke SMA, SMK yang ada di Kota Mojokerto. Agar para generasi Z memahami betapa pentingnya untuk ikut berkoperasi," jelas Ani. (vin/s) 

#koperasi #Kota Mojokerto #Wali Kota Mojokerto #Pemkot Mojokerto