Sabtu, 2 Maret 2024

Wali Kota Mojokerto : Semangat Digitalisasi adalah Integrasi

Diunggah pada : 1 Desember 2023 13:26:22 63
Bimbingan Teknis (Bimtek) Operasional terkait pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) bagi Unit Pelaksana Teknis (UPT) dinas se-Kota Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom - Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, menyampaikan semangat digitalisasi dalam pelayanan publik bukanlah seberapa banyak aplikasi yang dihasilkan, tetapi tentang mengintegrasikan pelayanan publik yang ada.

Mengutip laman Pemerintah Kota Mojokerto (1/12/2023), hal tersebut Ia sampaikan dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Operasional terkait pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) bagi Unit Pelaksana Teknis (UPT) dinas se-Kota Mojokerto.

Kegiatan inisiatif Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip) Kota Mojokerto ini dilaksanakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto. 

“Semangatnya adalah mengintegrasikan agar masyarakat dengan mudah mengakses apapun yang berkaitan dengan kepemerintahan apakah itu informasi yang berhubungan dengan pemerintah atau pelayanan yang disediakan oleh pemerintah itu bisa diakses melalui satu dashboard dan ini secara bertahap akan kita lakukan,” tegasnya.

Wali Kota Mojokerto yang akrab disapa Ning Ita ini menambahkan aplikasi SRIKANDI sudah mengarah kepada semangat integrasi tersebut, dan Pemkot Mojokerto juga sudah memiliki portal Satu Data Informasi Kota Mojokerto (SATIKOMO) serta Gerbang Layanan Informasi Terpadu dan Terintegrasi (Gayatri) untuk bidang kesehatan.

Ditambahkan oleh Plt. Kepala Dispussip Kota Mojokerto, Abd. Rachman Tuwo, bimtek pada hari ini merupakan kelanjutan dari bimtek di tingkat peringkat daerah sampai tingkat kelurahan.

“Jika pada hari ini kita melaksanakan bimtek pada UPT maka semua institusi di lingkungan Pemkot Mojokerto sudah melaksanakan bimtek aplikasi srikandi, sehingga pelaksanaan aplikasi srikandi di Kota Mojokerto sudah berjalan 100%,” kata Tuwo.

Sebagai informasi, pelaksanaan aplikasi srikandi ini merupakan amanah dari Perpres 95 tahun 2018 tentang SPBE. Pemkot Mojokerto mulai menerapkan apliksi SRIKANDI sejak bulan Juli 2023 yang lalu. Dengan aplikasi SRIKANDI surat menyurat dapat dilakukan antar kabupaten/kota, provinsi maupun pusat sehingga sangat menghemat waktu dan biaya. (idc/s)

#Kota Mojokerto #digitalisasi #aplikasi