Rabu, 1 Mei 2024

Wali Kota Mojokerto Minta MUI Beri Penguatan Makanan Halal

Diunggah pada : 17 November 2023 10:41:48 18
Pemerintah Kota Mojokerto menerima audiensi pengurus baru Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom – Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Mojokerto memberikan penguatan terhadap makanan halal yang ada di Kota Mojokerto.

Untuk menjamin kehalalan makanan yang beredar di Kota Mojokerto, Ning Ita panggilan akrabnya, juga meminta MUI melakukan monitoring secara berkala di pasar hewan dan Rumah Potong Hewan (RPH), maupun yang ada di resto dan kafe di Kota Mojokerto. 

Tentunya, kata Ning Ita, hal ini bersinergi dengan dinas terkait seperti Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DinkesP2KB) yang mengampu tentang keamanan pangan, ada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Disketapangtan), serta Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag).

“Mohon diskemakan seperti apa MUI bisa duduk bersama, agar orang islam yang membeli makanan tidak was-was bahwa yang dimakan adalah halal, kita jalan bersama dan menjadikan program kroyokan,” terangnya melalui rilis humas Pemerintah Kota Mojokerto (17/11/2023). 

Ning Ita juga menyampaikan, nantinya jika monitoring sudah dapat dilakukan, dan MUI membutuhkan fasilitas uji laboratorium maka dapat memanfaat Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) milik Pemerintah Kota Mojokerto yang saat ini tengah dalam proses pembangunan di Jalan Benteng Pancasila.

“Nanti terkait dengan makanan apabila dibutuhkan alhamdulillah, tahun ini kami membangun Labkesda di Jalan Benpas yang berstandar nasional, dan insyaallah tahun depan sudah beroperasi dengan alat-alat yang canggih,” imbuhnya.

Perlu diketahui, Wali Kota Mojokerto telah menerima audiensi pengurus baru MUI Kota Mojokerto di Ruang Walikota, Balai Kota Mojokerto. Audiensi ini membahas kepengurusan baru berdasarkan hasil Musda VII yang dilakukan pada 8 Oktober 2023 lalu. 

Turut hadir dalam audiensi ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mojokerto Abdul Rahman dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Mojokerto, Iwandoko. (idc/s)

#MUI #Kota Mojokerto #halal #Majelis Ulama Indonesia