Senin, 20 Mei 2024

Wali Kota Mojokerto Edukasi Pencegahan PTM dan Stunting pada Masyarakat

Diunggah pada : 30 Maret 2023 12:00:44 54

Jatim Newsroom – Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari rutin menyapa warga dalam kegiatan safari ramadan salat subuh berjamaah di Musholla At Taubah, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto. Kali ini, pada Rabu (29/3/2023) Ia mengedukasi masyarakat tentang pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) dan stunting.

"Penyakit gula darah, kolesterol darah tinggi semua itu bukan dari virus, bukan dari bakteri. Melainkan dari pola makan, kalau bisa menahan hawa nafsunya, tidak makan yang aneh-aneh ya sehat, tapi kalau tidak ya tiga penyakit tadi," kata NIng Ita, sapaan sapaan akrab Wali Kota Mojokerto.

Untuk mencegah terjangkitnya PTM, Ning Ita mengimbau agar warga menjaga pola makan dan menugaskan Tim Prameswari melakukan pengecekan kesehatan.

"Monggo dijogo dhahare kersane sehat mboten ngantos dhateng rumah sakit. Kami juga menugaskan mbak-mbak prameswari untuk datang ke rumah melakukan pengecekan gula, kolesterol dan tekanan darah," imbau Ning Ita.

Ning Ita pun menyampaikan, bahwa untuk percepatan penurunan stunting salah satu program yang telah diterapkan adalah Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat).

"Program Dashat memberikan makanan sehat ke rumah anak-anak yang stunting sehari 3 kali. Dan alhamdulillah dari 600 ratus lebih balita stunting saat ini hanya tinggal 151 balita. Targetnya dalam dua tahun Kota Mojokerto sudah bebas stunting," jelasnya.

Selain itu, kepada para jamaah salat subuh sekaligus para kader kesehatan Ning Ita mengimbau agar intens menurunkan stunting.

"Di Prajuritkulon balita stunting ada sembilan anak. Ini terus didorong untuk datang ke posyandu secara rutin dan terus dipantau pola asuhnya," pinta Ning Ita.

Pada safari Ramadan kali ini, Ning Ita juga berkesempatan menyerahkan dana hibah pada Musholla At Taubah. Yang Mana Musholla At Taubah ini adalah salah satu dari 113 lembaga yang menerima bantuan hibah dari Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto, adapun jumlah yang diterima adalah sebesar lima puluh juta rupiah. Selain menyerahkan dana hibah Ning Ita juga memberikan santunan untuk para janda serta memberikan zakat mal. (vin)

#Kota Mojokerto #Walikota Mojokerto