Jumat, 3 Mei 2024

Wali Kota Mojokerto Ajak Komite Sekolah Gali Potensi Kearifan Lokal

Diunggah pada : 7 November 2023 11:10:44 19
Rapat Koordinasi Dewan Pendidikan dengan Komite Sekolah dalam rangka implementasi kebijakan pemerintah bidang pendidikan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom - Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, meminta para anggota Komite Sekolah untuk bersinergi menggali potensi kearifan lokal sehingga nantinya akan menjadi suatu keunggulan dalam pendidikan di Kota Mojokerto.

“Untuk goal secara nasional tugas kita jelas suksesi 2045 Indonesia generasi emas. Tentu kita memiliki keunggulan kompetitif yang berbasis kedaerahan yang perlu kita gali dan kita jadikan goal spesifik di dalam urusan pendidikan yang ada di Kota Mojokerto,” katanya melalui rilis humas Pemerintah Kota Mojokerto, Selasa (7/11/2023). 

Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam bidang Pendidikan, kata Wali Kota Mojokerto, sudah mencapai 99.8% yang artinya hampir seluruhnya terpenuhi. Meski demikian, Ia menegaskan agar tidak berpuas diri hanya sebatas melaksanakan kewajiban.

“Jangan berpuas hanya bagaimana melaksanakan sebatas kewajiban, tapi kita gali potensi-potensi kearifan lokal untuk menjadi keunggulan kompetitif yang sifatnya spesifik, sifatnya tematik, sifatnya kedaerahan, kearifan lokal tapi ini unggul, maka inilah yang disebut inovasi, kita menjadi berbeda dengan yang lain,” tegas wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini. 

Dalam Rapat Koordinasi Dewan Pendidikan dengan Komite Sekolah dalam rangka implementasi kebijakan pemerintah bidang pendidikan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto pada tanggal 6 November 2023, Ning Ita juga menegaskan tugas dan fungsi strategis komite sekolah dalam urusan pendidikan.

“Komite sekolah fungsinya sangat strategis sebagai mitra di dalam sebuah urusan pendidikan. Komite sekolah tugasnya memberi pertimbangan kepada pihak sekolah, sebagai pendukung dalam hal penyelelenggaraan pendidikan, untuk controlling yang fungsinya adalah pengawasan, serta berfungsi sebagai mediator,” terangnya. (idc/s)

#pendidikan #Kota Mojokerto