Rabu, 17 Juli 2024

Wakil Bupati Probolinggo Launching Desa Wisata

Diunggah pada : 26 September 2022 10:33:32 53
Wakil Bupati Timbul Launching Desa Wisata

Jatim Newsroom - Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, melaunching Desa Wisata Guyangan Kecamatan Krucil, Minggu (25/9/2022) sore di area Taman 99 Desa Guyangan Kecamatan Krucil. Launching ini ditandai dengan penandatanganan prasasti Desa Wisata Guyangan.

Pada kesempatan ini, Wabup meyampaikan rasa bangganya karena sudah banyak inisiatif di desa-desa untuk berkembang dengan menonjolkan potensi-potensi yang dimilikinya. “Saya menyambut baik atas inisiatif yang dilakukan oleh masyarakat Desa Guyangan Kecamatan Krucil . Hal ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada daerah-daerah lain untuk bisa mengaktualisasi desanya,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, launching Desa Wisata Guyangan ini merupakan murni inisiatif orisinil dari masyarakat yang ada di bawah. Sudah bukan waktunya lagi top down, tapi button up yang diperlukan dalam membangun kebersamaan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo.

“Tentunya akan banyak orang luar kesini ingin melihat potensi wisatanya. Jadilah tuan rumah yang ramah sehingga masyarakat luar senang. Berikan informasi yang baik sehingga orang merasa betah dan bisa kembali lagi,” jelasnya.

Terkait dengan keberadaan akses jalan jelas Wabup Timbul, keberadaan Desa Wisata Guyangan inibisa menjadi alasan untuk dilakukan perbaikan jalan. Sebab dengan adanya Dana Desa dan sebagainya sebenarnya pemerintah daerah sudah tidak bisa ikut campur urusan di desa.

“Tetapi dengan adanya Desa Wisata Guyangan ini kita mempunyai alasan. Makanya sebelum dilakukan perbaikan, kita harus mempunya alasan dahulu. Jika tidak ada alasan, maka kita tidak bisa intervensi pembangunan yang ada di desa,” terangnya.

Kepala Desa Guyangan Hasyim menyampaikan launching Desa Wisata Guyangan ini dilakukan dalam rangka untuk pemulihan wisata yang ada di Desa Guyangan Kecamatan Krucil. “Harapannya nanti wisata yang ada di Desa Guyangan bisa pulih kembali,”ujarnya.

Hasyim menjelaskan, di Desa Guyangan ini ada 9 destinasi wisata. Hal ini memang sudah dikonsep dalam satu dusun minimal ada satu destinasi wisata untuk memajukan Desa Guyangan.

Ke-9 destinasi wisata Desa Guyangan ini meliputi Sun Rest Area Guyangan, Taman 99, Air Terjun Jaran Goyang, Air Terjun Dewi Rengganis, Air Terjun Watu Lesung, Air Terjun Batu Rantai, Situs Batu Petapaan, Sendang Biru serta Kampung Buah (buah durian,buah alpukat, buah pisang dan buah jeruk). 

“Terkait dengan rusaknya jalan menuju ke kawasan wisata Desa Guyangan ini sangat tidak begitu pengaruh. Dalam artian justru menuju kesana lebih asyik di saat jalan seperti ini karena kita memakai jeep sehingga bisa menjadi wisata minat khusus. Namun demikian kami tetap mengharapkan adanya perbaikan jalan yang menjadi tanggung jawab Dinas PUPR karena statusnya jalan milik Pemerintah Daerah,” tegasnya. (ern/s)

#kabupaten probolinggo