Senin, 22 Juli 2024

Meriahkan Hari Ibu, Kecamatan Leces Probolinggo Gelar Lomba bagi PKK dan DWP

Diunggah pada : 19 Desember 2023 8:36:41 52
Sumber foto: Dok. Diskominfo Probolinggo

Jatim Newsroom – Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, menggelar lomba cipta Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbahan lokal dan lomba pidato bagi Ketua Tim Penggerak PKK Desa se-Kecamatan Leces, Senin (18/12/2023).

Sebagaimana dalam laman resmi Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Kegiatan yang digelar dalam rangka menyambut Hari Ibu dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Dharma Wanita Persatuan (DWP) tahun 2023 ini diikuti oleh 10 PKK Desa se-Kecamatan Leces.

Ketua TP PKK Kecamatan Leces, Hana Rachmad, mengatakan kegiatan ini bertujuan agar PKK Desa se-Kecamatan Leces bisa menyajikan PMT untuk posyandu dengan bahan lokal dalam pemenuhan PMT di posyandu desa dengan tetap mempertimbangkan masukan dan supervisi dari ahli gizi puskesmas.

“Perlu intervensi PKK Desa dalam upaya pemenuhan gizi balita atau ibu hamil (bumil) terutama PMT yang mencukupi nilai gizi. Karena bisa jadi upaya PMT yang memenuhi nilai gizi merupakan bagian dari ikhtiar PKK Desa dalam menekan angka stunting dan buruk gizi,” ujarnya.

Untuk lomba pidato jelas Hana, hal ini dilakukan untuk membangun rasa percaya diri Ketua Tim Penggerak PKK Desa dalam memberikan arahan atau ikut membantu edukasi kepada warga di desanya masing-masing.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Leces dan Puskesmas Jorongan dengan terlibat secara langsung sebagai dewan juri dalam lomba cipta menu PMT berbahan lokal maupun lomba pidato,” terangnya.

Sementara Camat Leces Rachmad Hidayanto memberikan apresiasi terhadap program kerja dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Leces dan DWP Kecamatan Leces bisa saling bersinergi melaksanakan kegiatan yang bermanfaat untuk menambah motivasi PKK Desa.

“Khususnya dalam program kerja yang berkaitan dengan permasalahan bidang kesehatan pemenuhan PMT untuk balita dan ibu hamil yang ada di wilayah Kecamatan Leces,” katanya.

Setelah melalui tahap penilaian oleh desa juri, untuk lomba pidato juara 1 diraih Bidang Sosial Budaya DWP Kecamatan Leces, juara 2 diraih Desa Jorongan, juara 3 diraih Desa Kerpangan, juara harapan 1 diraih Desa Tigasan Kulon dan juara harapan 2 diraih Desa Pondokwuluh serta juara favorit diraih Bidang Ekonomi DWP Kecamatan Leces.

Sementara untuk lomba cipta menu PMT berbahan lokal, juara 1 diraih Desa Leces, juara 2 diraih Desa Sumberkedawung, juara 3 diraih Desa Clarak, juara harapan 1 diraih Desa Kerpangan dan juara harapan 2 diraih Desa Jorongan. (ghf/s)

 

#kabupaten probolinggo