Jumat, 17 Mei 2024

Wajib Ciptakan Inovasi Daerah, Bapelitbangda Akan Gelar Lomba

Diunggah pada : 8 September 2022 12:35:21 16
Sosialisasi lomba inovasi daerah di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo,

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) memberikan sosialisasi akan menggelar lomba inovasi daerah.

Kepala Bapelitbangda Kabupaten Probolinggo, Santiyono, saat sosialisasi lomba inovasi daerah di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Kamis (8/9/2022) mengatakan, lomba boleh diikuti oleh siapapun.

“Termasuk nanti masyarakat secara umum, SMA/SMK/MA maupun perguruan tinggi atau masyarakat biasa diperbolehkan,” katanya.

Menurut Santiyono, sebenarnya Kabupaten Probolinggo sudah menorehkan prestasi yang membanggakan. Sebab setiap tahun selalu menciptakan inovasi-inovasi yang skala nasional. Dengan masuk skala nasional, harapannya bisa dikuasai dan bisa diberi hak atas kekayaan intelektual agar bisa menjadi haknya sehingga menimbulkan pendapatan bagi yang bersangkutan dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan harapannya DID bisa meningkat.

“Harapannya dari kegiatan lomba inovasi daerah ini tentunya kepada pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo bahwa inovasi daerah ini merupakan tuntutan dari undang-undang dimana setiap OPD hukumnya wajib untuk menciptakan inovasi daerah,” pungkasnya.

Sementara Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Daerah Bapelitbangda Kabupaten Probolinggo, Amik Mutammimah, menyampaikan, karya inovasi teknologi yang dilombakan berupa alat, sistem, produk olahan pangan atau non pangan. Materi yang dilombakan terkait dengan bidang tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, bidang energi dan lingkungan hidup, bidang pendidikan dan TIK serta bidang agribisnis.

“Karya inovasi bisa direplikasi dan karya inovasi memenuhi kriteria baru/rekayasa, praktis dan ekonomis. Nantinya karya inovasi ini akan dinilai oleh tim penilai dari akademisi, birokrasi dan praktisi,” ungkapnya.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Bapelitbangda Kabupaten Probolinggo, Santiyono, ini dihadiri narasumber Prof. Dr. Ir. H. R. Abdul Haris, MM selaku Rektor Universitas Panca Marga Probolinggo dan Sugiono, Ph.D dari Universitas Nurul Jadid.

Sosialisasi ini diikuti oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, perwakilan dari SMA/SMK/MA, perwakilan perguruan tinggi serta Kepala Puskesmas dan PPL di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. (ern/s)

#kabupaten probolinggo