Rabu, 22 Mei 2024

Wagub Emil Harapkan Jatim Media Summit Dilaksanakan Rutin

Diunggah pada : 25 Mei 2023 20:17:42 44
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak hadir menutup seluruh rangkaian kegiatan Jatim Media Summit 2023, di Surabaya, Kamis (25/5/2023). Foto: Yanu/JNR

Jatim Newsroom – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, menutup seluruh rangkaian kegiatan Jatim Media Summit 2023, di Surabaya, Kamis (25/5/2023). Wagub Emil mendukung penyelenggaraan kegiatan ini berlangsung rutin setiap tahun, karena industri media massa perlu terus melakukan pengembangan kapasitas. 

“Selamat, ini Jatim Media Summit yang pertama kali diselenggarakan dan kami berharap ada keberlanjutan di setiap tahunnya. Saya sudah dari lama mendengar konsepnya atau cita-citanya yaitu pelaku media perlu sebuah wadah untuk melakukan continuous capacity building. Kami di Jawa Timur akan sangat diuntungkan jika industri media terus berkembang, terus berinovasi,” kata Emil. 

Wagub Emil meyakini di tengah perkembangan media sosial saat ini, media massa atau media konvensional masih menjadi sumber informasi yang paling dipercaya masyarakat. Ia menuturkan media massa tetap memberikan kurasi yang memiliki nilai kepercayaan di mata para pembaca, pemirsa, penonton, dan lain sebagainya. 

“Misal seseorang dianggap sudah cukup viral, dia akan menjadi seleb manakala media massa mendeklarasikan bahwa dia itu seleb. Seperti belum afdal kalau belum disebut di media konvensional. Itulah bagian dari legitimasi. Itu yang menarik bahwa selalu akan ada tempat bagi media di hati masyarakat kita. Selalu akan ada tempat bagi media dalam melegitimasi sebuah konten. Ada trust, artinya fungsi kurasi ini tetap penting,” terang Wagub Jatim. 

Perkembangan terkini dari sisi teknologi, metodologi, analisis data, hingga model bisnis menurut Emil menjadi tantangan bagi industri media. “Justru hari ini juga menjadi tantangan adalah kemasan sebuah konten itu berbeda dengan dulu. Dulu mungkin tidak pernah terbayang bahwa tulisan akan bersanding dengan iklan-iklan, tidak ada ilmunya kita baca, tahu-tahu muncul pop up. Bagaimana psikologi membaca ketika melihat pop up, dan lain-lain. Ini sangat menarik untuk didalami,” kata Emil. 

Ia pun menyebutkan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur memiliki tanggung jawab untuk membina industri yang berkaitan dengan Information Communication Technology (ICT). 

“Kadis Kominfo Jatim memang memiliki tanggung jawab untuk itu dan media digital itu adalah ICT industry. Kominfo Jatim juga humasnya atau corongnya dari Pemprov. Mudah-mudahan sinergi yang baik bisa semakin baik dengan stakeholder yang ada di sini. Apabila ada hal yang dapat disinergikan sebagai tindak lanjut rekomendasi dari pertemuan ini akan kita kawal bersama-sama,” tegas Wagub Emil. 

Sebagai informasi, sebanyak lebih kurang 100 pemimpin media lokal di Jawa Timur akan berdiskusi bersama sekitar 100 stakeholder mulai dari pemerintahan, swasta, agensi iklan, lembaga donor, dll, dalam rangkaian acara yang terdiri dari conference (diskusi panel), workshop, talkshow, coaching clinic, hingga sesi networking. Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, pada tanggal 24-25 Mei 2023. 

Kegiatan ini diinisiasi beritajatim.com bersama suara.com dengan dukungan International Media Support (IMS). Hadir dalam acara ini antara lain Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin; CEO beritajatim.com, Dwi Eko Lokononto; CEO suara.com, Suwarjono; dan Perwakilan IMS Indonesia, Eva Danayanti. (idc/s)

#wagub jatim #Jatim Media Summit 2023