Kamis, 2 Mei 2024

Wagub Emil Buka Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jatim 2023

Diunggah pada : 23 November 2023 16:22:46 286
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak membuka Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur 2023, di Kota Batu, Kamis (23/11/2023). Foto: Henry/JNR

Jatim Newsroom – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak membuka Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur 2023, di Kota Batu, Kamis (23/11/2023). Dalam kesempatan ini, Wagub Emil juga menyerahkan sejumlah penghargaan terkait pelayanan publik.

"Reformasi Birokrasi haruslah berdampak, baik kepada percepatan investasi, penurunan kemiskinan, pengurangan angka pengangguran, dan lain-lain. Birokrasi juga harus menjadi solusi, maka salah satu kuncinya adalah inovasi,” ujar Wagub Emil.

Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Kurniawan Hary Putranto melaporkan Pameran Inovasi Pelayanan Publik dan Jatim Bureaucracy Fest 2023 digelar selama tiga hari, pada tanggal 23-25 November 2023 di halaman parkir Jatim Park 3 Kota Wisata Batu.

Pameran ini, lanjutnya, menghadirkan 135 stan pameran, antara lain dari Kementerian PAN-RB, perangkat daerah dan rumah sakit di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur, BUMD, Polresta, hingga UMKM.

Adapun penganugerahan Penghargaan Pelayanan Publik 2023 yang diberikan adalah Top Inovasi Terpuji Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK), Reformasi Birokrasi, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Layak Berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Budaya Kerja CETTAR.

Sejumlah rangkaian kegiatan juga digelar, antara lain inovasi pelayanan publik dan talkshow, pemeriksaan kesehatan gratis, dan bazaar sembako murah.

Selain itu, juga ada Layanan Administrasi Kependudukan, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Identitas Kependudukan Digital (IKD), Kartu Identitas Anak (KIA).

Ada pula perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Serta, layanan penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Pajak Kendaraan.

Dalam kesempatan ini, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Diah Natalisa menerangkan, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan inovasi adalah kunci transformasi terutama di lingkungan birokrasi.

“Inovasi adalah energi untuk menciptakan perubahan. Inovasi adalah solusi untuk mengatasi permasalahan. Inovasi adalah modal bagi kita semua untuk memenangkan persaingan. Semoga Jawa Timur terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya. (idc/s)

#Emil Elestianto Dardak #Wakil Gubernur Jatim #pelayanan publik #inovasi