Jumat, 3 Mei 2024

Wabup Ponorogo : SPBE Mudahkan ASN Layani Masyarakat

Diunggah pada : 24 Agustus 2023 7:27:29 17
Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita ketika mengikuti presentasi dokumen arsitektur dan peta rencana SPBE di ballroom Hotel Maesa, Rabu (23/8/2023). Foto : Erwin suganda

Jatim Newsroom - Revolusi teknologi informasi dan komunikasi menuntut pemerintah untuk melakukan inovasi pembangunan aparatur negara melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). 

‘’Memudahkan ASN (aparatur sipil negara) dalam memberikan pelayanan. SPBE itu bagus karena dapat merangkum pekerjaan,'' kata Wakil Bupati (Wabup) Ponorogo, Lisdyrita, saat mengikuti presentasi dokumen arsitektur dan peta rencana SPBE, Rabu (23/8/2023).

Wabup Lisdyarita, menyampaikan, SPBE bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel. Bersamaan itu, memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Dia berharap penerapan SPBE akan berbuah meningkatnya indeks pelayanan.  ‘’Karena sistem pemerintahan sudah berbasis elektronik yang terpadu,’’ terangnya.

Paparan dokumen arsitektur dan peta rencana SPBE juga diikuti seluruh kepala organisasi peranggkat daerah (OPD), para kepala bagian,  serta dua camat dan dua kepala puskesmas yang satuan kerjanya menjadi percontohan. Sementara itu, Toni Dwi Susanto pemateri dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Sutabaya menegaskan bahwa SPBE meliputi digitalisasi data, dokumen, cara kerja, layanan, dan kompetensi sumber daya manusia.                                                    "Menjadi sebuah kewajiban karena sudah diatur Perpres Nomor 95 Tahun 2018,'' tegasnya.

Dia memastikan bakal tumbuh inovasi ketika SPBE sudah berjalan di  Ponorogo. Muncul percepatan-percepatan dalam pelayanan kepada masyarakat. Sebab, pelayanan dapat  menggunakan mobile phone dengan sistem digitalisasi.

‘’Bisa dilaksanakan 24 jam, 7 hari, bahkan jemput bola sehingga menghasilkan kebijakan yang inovatif,'' ungkapnya sembari menyebut adanya efesiensi, efektifitas, meningkatnya kualitas layanan birokrasi. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo