Rabu, 1 Mei 2024

Vaksinasi Polio di Ponorogo Sasar 80.206 Anak

Diunggah pada : 15 Januari 2024 15:42:22 49
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko secara simbolis memberikan imunisasi polio kepada salah seorang anak di Kelurahan Patihan Wetan, Senin (15/1/12024). Foto : dok.pemkabponorogo

Jatim Newsroom - Pemberian antibodi massal terhadap puluhan ribu anak di Ponorogo dari ancaman polio dimulai. Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, bersama Ketua Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Ponorogo, Susilowati, turun langsung memberikan imunisasi dalam bentuk oral itu,  Senin (15/1/12024).  

“Masyarakat semakin sadar pentingnya imunisasi bagi anak,” kata Kang Bupati, sapaannya, ketika secara simbolis memulai Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kelurahan Patihan Wetan. 

Ibu-ibu sedari pagi rela mendampingi putra-putrinya untuk antre mendapatkan novel oral polio vaksin tipe 2 (nOPV2) itu. Kang Bupati mengacungkan jempol jari tangannya atas kepedulian orang tua membentengi anak-anak mereka dari paparan virus polio yang dapat memicu cedera saraf dengan risiko menyebabkan kelumpuhan, kesulitan bernapas, hingga kematian.  

“Sasaran sub PIN Polio di Ponorogo sebanyak 80.206 anak usia 0 sampai 8 tahun kurang satu hari,” terang Kang Bupati.

Tidak tanggung-tanggung, pihaknya menyiapkan 2.191 pos pelayanan vaksin polio di puskesmas, posyandu, dan sekolah. Pelaksanaan imunisasi berlangsung hingga 25 Februari mendatang yang digelar serentak di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. “Di Ponorogo tidak ditemukan kasus polio,” jelasnya.

Sementara itu, Mia Fresilia, warga Kelurahan Patihan Wetan yang mengantar putrinya menjalani vaksinasi, berharap tidak seorangpun anak di Ponorogo terserang polio. Sebab, masa depan anak akan suram jika mengalami kelumpuhan. “Ikutlah vaksinasi agar terhindar dari risiko buruk,” ujarnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo