Senin, 6 Mei 2024

UPT RSBN Malang Beri Pembelajaran Aktivitas Harian Pada Distra

Diunggah pada : 19 April 2022 12:09:46 97
PM tetap Menerima keterampilan ADL (Activity Daily Living) atau pembelajaran aktivitas sehari-hari selama Ramadhan

Jatim Newsroom - Selama mengikuti layanan dan Rehabilitasi Sosial, penerima manfaat mendapatkan  bimbingan  keterampilan Activity Daily Learning (ADL) atau pembelajaran aktivitas sehari-hari pada disabilitas netra (Distra), tak terkecuali di bulan Ramadan. Adanya bimbingan keterampilan ADL ini diharapkan  penerima manfaat (PM) Distra akan mampu melakukan kegiatan sehari-harinya secara mandiri terutama dalam aktivitas kerumahtanggaan.

Bimbingan dilakukan setiap hari dalam bentuk pendampingan kelompok dan individu. Bimbingan yang diberikan antara lain mencuci pakaian, setrika, melipat pakaian, memasak dll. Untuk melipat baju penerima manfaat diajarkan baik secara manual atau dengan bantuan alat lipat. Dan selama mengikuti bimbingan, penerima manfaat akan didampingi oleh Instruktur Vokasional yaitu ibu Nunik Supraptini dan bapak Hariyono.

Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, melalui Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial (Rehsos) Anantya Wulandari, Selasa (19/4/2022) mengatakan bimbingan keterampilan ADL sangat diperlukan untuk bekal mereka saat kembali ke masyarakat dan ketika mereka telah berkeluarga.

Giat keterampilan ADL selain selain teori dan praktek dikelas PM diberitugas tambahan untuk praktik di wisma dengan tujuan PM mempunyai tanggung jawab serta melatih kemandirian dgn apa yg didapat dikelas dilakukan di wisma ataupun nantinya jika telah lulus dari  UPT RSBN  Malang dengan cara pengecekan di wisma baik cowok maupun cewek sejauh mana PM menerima materi yang diajarkan.(her/s)

#jatim #dinsos