Sabtu, 27 April 2024

Universitas Brawijaya Akan Buka PSDKU di Bojonegoro

Diunggah pada : 22 Maret 2024 20:42:26 435
Foto : Pemkab Bojonegoro

Jatim Newsroom - Bertempat di Ruang Batik Madrim, Lt II Gedung Pemkab Lama, Pemkab Bojonegoro telah menggelar Rapat Persiapan Awal Pembukaan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Brawijaya di Kabupaten Bojonegoro.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Bojonegoro hari ini, Jumat (22/3/2024), Pj Bupati Bojonegoro, Adriyanto, secara daring menyampaikan, langkah ini salah satu upaya meningkatkan kualitas pembangunan di Bojonegoro, baik soal SDM hingga pembangunan regional.

"Kami melihat kerjasama dengan UB ini menjadi salah satu terobosan tidak hanya meningkatkan kualitas SDM tapi menjadi satu loncatan sentra pembangunan ekonomi di Kabupaten Bojonegoro," ujarnya.  

Potensi alam maupun SDM di Bojonegoro, lanjut Pj Bupati, cukup besar. Jika bisa membangun PSDKU UB di Bojonegoro, maka bisa memperluas opsi masyarakat dalam mendapatkan pendidikan dengan kualitas yang jauh lebih baik.

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro siap mendukung terbentuknya kampus yang layak. Dengan harapan jangka panjang, UB dapat mendukung kerjasama penelitian, baik dengan kampus yang sudah ada di Bojonegoro maupun unit-unit yang melakukan penelitian. Sehingga membuka pandangan baru terhadap sektor potensial lain yang bisa dikembangkan lagi.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Brawijaya, Imam Santoso menjelaskan, telah melakukan persiapan berkaitan dengan pembukaan PSDKU di Bojonegoro. Dibutuhkan banyak hal dari sisi penyiapan program studi yang membutuhkan proses panjang. Karena perlu melakukan sejumlah rakor, baik di tingkat fakultas dan universitas yang berkaitan izin dari civitas academica.  

Pihaknya juga menyiapkan infrastruktur, utamanya laboratorium yang sesuai. Imam Santoso menambahkan proses PSDKU membutuhkan waktu dan dukungan luar biasa dari pemerintah utamanya terkait infrastuktur. Dan terkait program studi pihaknya siap support. Mudah-mudahan proses yang sangat baik yang telah dilakukan ini terus berlanjut dan bisa dikawal bersama-sama," ujarnya. (yan/s)

 

#Bupati Bojonegoro