Minggu, 5 Februari 2023

UMKM Bermain di Circle-P, Ekonomi Tumbuh 7 Persen, Ponorogo Kian Maju

Diunggah pada : 29 November 2022 11:36:01 47
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko membuka pelatihan berbasis Circle P di Pendopo Pemkab setempat, Senin (28/11/2022). foto: Erwin Suganda Kominfo Ponorogo

Jatim Newsroom - Ekonomi yang tumbuh 7 persen pertahun tengah diidam-idamkan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Ponorogo bakal menjadi kabupaten yang maju jika pertumbuhan ekonominya mencapai angka psikologis itu. ‘’Bukan hal mustahil karena kita sudah di angka 5,5 persen, tinggal selangkah lagi ekonomi akan tumbuh 7 persen di tahun depan,’’ kata Kang Bupati, sapaan Bupati Sugiri Sancoko saat membuka pelatihan usaha berbasis Circle-P bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Pendopo Pemkab Ponorogo, Senin (28/11/2022).

Circle-P adalah program lingkar bisnis Ponorogo. Kang Bupati menyebut bonus demografi berupa populasi penduduk Ponorogo mencapai satu juta jiwa merupakan market share (pangsa pasar) yang bagus untuk menyerap produk UMKM. Tatkala produk lokal itu mampu menyentuh seluruh pelosok kabupaten, maka muaranya pada pertumbuhan ekonomi lokal pula. ‘

’Melalui pelatihan usaha berbasis Circle-P ini, saya berharap UMKM akan naik kelas,’’ terangnya. 

Pemkab Ponorogo sudah menyiapkan platform digital untuk mendongkrak tingkat produksi dan pemasaran produk UMKM. Digitalisasi pemasaran produk, imbuh Kang Bupati, bukan lagi menjadi persoalan.

‘’Kita juga melakukan pendampingan mulai dari kemasan produk, permodalan, sampai peningkatan SDM (sumber daya manusia). UMKM akan terus tumbuh,’’ ungkapnya. 

Mantan legislator DPRD Jawa Timur itu meyakini bahwa iklim ekonomi Ponorogo bakal tahan guncangan resesi. Sebab, ketahanan pangan sudah terbentuk dengan bukti produksi komoditas padi dan jagung mengalami surplus. ‘’Kalaupun resesi terjadi, kita sudah siap. Ekonomi kita tangguh berkat kenaikan produksi sektor pertanian beserta turunannya,’’ tegas Kang Bupati. (why/n)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo