Senin, 6 Mei 2024

UB Lakukan Pengembangan Mangrove Edupark Pulau Cisiu Gresik

Diunggah pada : 24 November 2023 13:23:07 25

Jatim Newsroom- Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) melakukan kegiatan pengabdian di Desa Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Bersama dengan anggota tim pengabdian yaitu Mochamad Arif Zainul Fuad, Ledhyane Ika Harlyan, Husnul Khotimah dan Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, melakukan kegiatan bersama dengan desa mitra untuk mengembangkan Mangrove Edupark Pulau Cisiu Desa Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik.

Robah sekalu Ketua Pokmaswas Desa Pangkahkulon, Jumat (24/11/2023) berharap program ini masih dapat berlanjut di tahun depan agar pengembangan mangrove edupark semakin baik dengan adanya peningkatan sarana dan prasarana yang tersedia.

“Diharapkan pula akan banyak pengunjung yang datang berwisata sehingga dapat memberikan tambahan pemasukan pendapatan bagi penduduk dan pemerintah Desa Pangkahkulon, ” kata Robah.

Kegiatan Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya, yang pelaksanaannya diketuai oleh Feni Iranawati. Kegiatan ini meliputi pembangunan gazebo atau rumah baca termasuk penyediaan buku edukasi mangrove dan pelatihan edukasi mangrove pada anak-anak usia dini. Total ada sebanyak 114 buku edukasi mangrove disediakan di gazebo baca yang dapat dimanfaatkan bagi wisatawan yang ingin berwisata sambil belajar di Mangrove Edupark Pulau Cisiu. Serah terima gazebo baca, alat peraga pelatihan pada pihak pengelola Mangrove Edupark Pulau Cisiu, yaitu Pokmaswas Desa Pangkahkulon dilakukan pada tanggal 3 November 2023.

Adapun pelatihan edukasi mangrove diberikan pada peserta didik dari TK Ta’Miriyah, Dusun Kalingapuri Desa Pangkahkulon. Pelatihan ini bertujuan untuk membangun karakter sedini mungkin pada anak yang berdomisili di sekitar area mangrove Pulau Cisiu sehingga mereka menjadi lebih mencintai lingkungan dan diharapkan ikut menjaga kelestarian hutan mangrove di masa depan.

Pada kegiatan pelatihan edukasi mangrove juga dilakukan penamanam bibit mangrove di tempat pembibitan yang disediakan, dengan dipandu Bapak Robah yang merupakan Ketua Pokmaswas Desa Pangkahkulon.

Kegiatan pengabdian ini juga mengikutsertakan empat mahasiswa dari FPIK untuk tinggal dan beraktifitas di Desa Pangkahkulon selama kurang lebih satu bulan dari bulan Juli sampai Agustus 2023 dalam rangka program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Menurut pihak desa mitra, mahasiswa peserta KKN sangat membantu aktivitas yang dilakukan di desa mulai dari mendata ulang UKM dan penginputan data penduduk di Desa Pangkahkulon, membantu proses pembelajaran di PAUD dan aktivitas pelajaran tambahan pada siswa SD di sekitar tempat tinggal peserta KKN, membantu kegiatan di desa dalam peringata Hari Mangrove Sedunia dan Proklamasi 17 Agustus dan masih banyak kegiatan yang lain.

Pihak desa sangat mendukung kegiatan yang dilakukan selama ini karena telah bermitra dengan FPIK UB sejak mulai tahun 2017, baik melalui kegiatan Doktor Mengabdi yang didanai oleh Universitas Brawijaya maupun melalui Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Dikti dari Kemenristekdikti. (jal/hjr)

#universitas brawijaya