Kamis, 2 Mei 2024

Turut Aktif dalam Peningkatan Konsumsi Ikan, Forikan Kota Probolinggo Terima Penghargaan

Diunggah pada : 12 Desember 2023 9:09:02 43
Ketua Forikan Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak memberikan piagam penghargaan kepada Ketua Forikan Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin atas peran aktifnya dalam Peringatan Hari Ikan Nasional Ke-10 Tahun 2023 Provinsi Jawa Timur, di Dyandra Convention Centre Surabaya, Senin (11/12/2023).

 

Jatim Newsroom - Kota Probolinggo kembali menorehkan prestasi. Kali ini melalui Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) Kota Probolinggo yang menerima penghargaan atas peran aktifnya dalam Peringatan Hari Ikan Nasional Ke-10 Tahun 2023 Provinsi Jawa Timur. Piagam penghargaan diserahkan pada Senin (11/12/2023) oleh Ketua Forikan Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak kepada Ketua Forikan Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin di Dyandra Convention Centre Surabaya.

Sebagaimana dalam rilis Pemkot Probolinggo, Membuka acara, Ketua Forikan Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin mengatakan bahwa peringatan hari ikan tahun ini selaras dengan program pemerintah dalam mendukung peningkatan konsumsi ikan bagi masyarakat Jawa Timur. “Dan hal ini merupakan bentuk kegiatan yang mendukung program peningkatan konsumsi ikan di Jawa Timur,” terang Arumi di depan Ketua Forikan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Selain itu, istri dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak itu juga menyampaikan rekomendasi hasil Rakornas Forikan yang diikutinya pada bulan November lalu di Jakarta. Yakni, penguatan peran Forikan dalam mewujudkan program ketahanan pangan untuk menurunkan kasus stunting.

“Penguatan peran Forikan yaitu kembali menguatkan tekad dan peran aktif Forikan dalam mendukung upaya pemerintah mewujudkan ketahanan pangan melalui peningkatan konsumsi ikan untuk penurunan prevalensi stunting,” ujarnya.

Pada acara yang mengusung tema “Ikan Untuk Generasi Emas” itu, selain Kota Probolinggo, 19 Forikan kabupaten/kota di Jawa Timur juga mendapat penghargaan serupa. Di antaranya Forikan Kabupaten Bondowoso, Kota Pasuruan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Sampang, Kota Malang dan Kota Kediri. Selanjutnya Kabupaten Jombang, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Malang, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Nganjuk. Berikutnya, Kabupaten Pamekasan, Kota Madiun, Kota Batu, Kabupaten Probolinggo serta Forikan Kota Mojokerto.

Ditemui usai menerima penghargaan Ketua Forikan Kota Probolinggo Aminah Hadi mengaku bersyukur atas apresiasi yang diterima. Dirinya juga terus mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan. “Tentunya untuk masyarakat supaya lebih memperbanyak makan ikan karena mengingat begitu pentingnya, saya sebagai Ketua Forikan juga selalu mengingatkan untuk banyak-banyak makan ikan karena generasi penerus bangsa kita harus cerdas, jadi harus banyak mengonsumsi makan ikan,” ajak Aminah Hadi.

Sementara itu, bagi Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Probolinggo Trillya Yuliana, penghargaan ini menjadi penyemangat bagi timnya untuk memotivasi masyarakat agar gemar makan ikan. “Sebagai penyemangat bagi kami sebagai petugas Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan untuk lebih mengedepankan dan memotivasi masyarakat untuk gemar ikan,” terang Trillya yang hadir mewakili Kepala DKPPP.

Selain pemberian penghargaan, pada kesempatan tersebut juga disampaikan pemaparan materi edukatif berjudul “Peran Serta Ibu Dalam Mendukung Peningkatan Konsumsi Ikan Untuk Generasi Emas” yang dibawakan oleh dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Heru Pramono. Serta dilanjutkan dengan demo memasak Main Course dan menu kudapan berbahan baku ikan oleh Ketua Forikan Jawa Timur dan Chef Billy Kalangi. Yakni, olahan Garlic Shrimp Butternut Pumpkin dan Ikan Bandeng Acar Kuning Kecombrang.

Tak ketinggalan beragam produk hasil perikanan UKM unggulan juga turut dipamerkan dalam acara pagi itu. Diantaranya olahan ikan kaleng, kripik cumi, abon sambal, siomay ikan, kerupuk udang, kerupuk ikan dan masih banyak lainnya. (ghf/s)

 

 

#kota Probolinggo #forikan jatim