Jumat, 1 Maret 2024

Transparan Kelola APBDes, Enam Desa di Ponorogo Raih Predikat Prespektif Good Governance

Diunggah pada : 16 Maret 2023 21:14:54 96
Kakanwil DJPb Jatim Taukhid bersama Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyerahkan piagam penghargaan kepada kepala desa peraih predikat Prespektif Good Governance, Kamis (16/3/2023). Foto : Insanul Fadhil

Jatim Newsroom - Enam desa di Kabupaten Ponorogo meraih penghargaan Prespektif Good Governance dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Jawa Timur. Predikat membanggakan dalam urusan pengelolaan keuangan desa tahun 2022 itu didapat Desa Tempuran dan Desa Kori (Kecamatan Sawoo) serta Desa Sampung (Kecamatan Sampung). 

Penghargaan yang sama juga diiraih Desa Tatung (Kecamatan Balong), Desa Serangan (Kecamatan Sukorejo), dan Desa Jenangan (Kecamatan Jenangan pada tahun 2021. Keenam desa tersebut mendapat predikat Prespektif Good Governance karena mampu menyelenggarakan pengelolaan keuangan desa yang transparan. 

Kepala Kantor Wilayah DJPb Jawa Timur Taukhid mengatakan bahwa pihaknya meneliti dengan seksama APBDes masing-masing desa. Berdasarkan sejumlah indikator penilaian, maka terpilih desa yang berhak mendapat predikat Prespektif Good Governance. ‘’Kami tidak menilai sebuah desa dari keindahannya, melainkan menilai dari tranparansi pengelolaan keuangan publik,’’ kata Taukhid.   

Penghargaan desa berpredikat Prespektif Good Governance itu diserahkan Taukhid bersama Bupati Sugiri Sancoko di Pringgitan (Rumah Dinas Bupati Ponorogo), pada Kamis (16/3/2023).  Taukhid berharap desa-desa lainnya berlomba meraih predikat bergengsi dalam hal pengelolaan keuangan itu. ‘’Dengan tata kelola keuangan desa yang baik akan meningkatkan nilai kepercayaan masyarakat sehingga pembangunan di desa dapat berjalan lancar,’’ jelasnya. (why/hjr)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo