Minggu, 19 Mei 2024

Tokoh NU dan Ansor Jatim, Cak Anam Berpulang ke Rahmatullah

Diunggah pada : 9 Oktober 2023 10:31:11 183
Almarhum Choirul Anam, tokoh NU Jawa Timur, yang meninggal dunia, Senin 9 Oktober 2023 Pukul 05.49 WIB.

Jatim Newsroom- Choirul Anam, tokoh NU Jawa Timur, meninggal dunia, Senin 9 Oktober 2023 Pukul 05.49 WIB di rumah duka kawasan Kutisari Surabaya. Cak Anam, panggilan akrab senior aktivis NU -- di antaranya GP Ansor dan PMII -- beberapa waktu sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit.

"Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau. Dan mohon doa nya untuk kebahagiaan dan kemuliaan beliau disisiNya," tutur Faiz salah seorang keluarganya, mengirim pesan.

Jenazah Ketua PW PKB Jatim pertama di Jawa Timur akan dimakamkan di Jombang, dan dishalatkan terlebih dahulu di Masjid Jamin Kibar, di Perumahan Kutisari Indah Surabaya.

Choirul Anam dikenal sebagai politikus yang tertempa atas kedekatannya dengan sejumlah tokoh pada masanya. Seperti KH Abdurrahman Wahid, KH Hasyim Muzadi (kedua almarhum mantan Ketua umum PBNU), serta ketawadhuannya pada figur ulama pesantren seperti KH Abdullah Faqih Langitan, KH Sholeh Qosim dan KH Imron Hamzah. Cak Anam dikenal sebagai penulis buku Perkembangan dan Sejarah NU hingga Khittah NU, dan Sejarah GP Ansor.(mad)

#PWNU Jatim