Sabtu, 4 Mei 2024

Gubernur Khofifah Pimpin Rapat Koordinasi Persiapan Satu Abad NU

Diunggah pada : 6 Januari 2023 11:03:44 521
Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Sidoarjo dan pengurus PWNU dan PBNU saat rapar persiapan satu Abad NU di hotel Inna Simpang Surabaya. (Aldic)

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan satu abad Nahdlatul Ulama (NU) yang akan digelar pada 7 Feberuari 2023 di Gor Sidoarjo. Rakor yang digelar di hotel Grand Inna Simpan Kamis (5/1/2023) malam ini dihadiri Panitia lokal dari PWNU Jatim, perwakilan PBNU, PCNU Sidoarjo, serta Bupati, Walikota di Jatim, dan OPD lingkungan Provinsi Jatim.

Di Rakor itu, gubernur mengatakan, panitia lokal dan Pusat PBNU akan menyediakan Posko kesehatan dan dapur umum mobile bagi warga NU. Dimana untuk posko kesehatan, nanti langsung dibantu Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, bersama Dinas Kesehatan Kabupaten/kota akan menyediakan obat -obatan, dokter, dan mobil ambulance ditenda kesehatan yang berada di lokasi Gor Delta Sidoarjo.

Kemudian pihak panitia juga akan menyediakan rujukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) terdekat yaitu di Sidoarjo dan RSUD Dr. Soetomo, serta Pasuruan apabila ditemukan pasien sakit berat saat satu abad Nu mendatang.

Sementara itu dapur umum ini, pihaknya meminta kepada BPBD Provinsi Jatim bekerjasama BPBD Kabupaten/kota bersama Tagana milik Dinsos membantu menyiapkan makanan bagi warga NU yang hadir di Gor Delta sidoarjo. "Untuk sukses pelaksanaan satu abad NU pihaknya berharap agar semua stakeholder pemerintah di Jatim untuk bisa ikut terlibat,"harapnya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali mengatakan satu Abad NU yang dijadwalkan akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada 7 Februari 2023 mendatang diprediksi akan dihadiri 1 juta jama'ah. Mereka datang dari berbagai pelosok nusantara dan bakal memadati kota Sidoarjo.

"Tanggal 7 Februari bulan depan ini Sidoarjo punya hajat besar, PBNU memilih Stadion Gelora Delta Sidoarjo sebagai tempat puncak harlah satu abad NU. Saya mengajak seluruh jajaran pemkab dan instansi vertikal serta tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk ikut mensukseskan acara tersebut," kata.

Ia menambahkan, acara satu Abad NU ini akan dimulai pada 7 Februari 2022 pada pukul 00.00 - 23.00 WIB yang diisi dengan kegiatan Istiqosah Qubro, Qataman Quran, hingga hiburan hadrah, dan tarian muslim, serta musik gambus. Kemudian puncak satu abad ini dibuka oleh Presiden Joko Widoda, dan Wakil Presiden KH. Makruf Amin pada pukul 20.00 WIB. Para para sesepuh NU, para masyayikh, pengurus PBNU serta jajaran menteri dan gubernur yang datang hadir sebagai undangan. (Pca/hjr)

   

 

#Khofifah Indar Parawansa #gubernur khofifah #PWNU Jatim