Minggu, 19 Mei 2024

Tingkatkan Omzet dengan Optimalisasi Google Business Profile dan Foto Produk

Diunggah pada : 22 Desember 2022 16:58:30 16
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) menggelar pelatihan bagi para pelaku Koperasi dan UKM (K-UKM) dengan tema “Membuat Toko Online Google My Business dan Membuat Konten Foto Produk dan Video Iklan yang Menarik dengan Menggunakan Smartphone”. 

Pelatihan yang dihadiri oleh 50 orang pelaku K-UKM ini dilaksanakan di kantor Diskop-UKM Jatim, Rabu (21/12/2022). Hadir sebagai narasumber adalah Deni Andis Ifnu Solim dari Funvita Indonesia. 

Deni menjelaskan salah satu layanan berbasis web yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha UKM yaitu Google Business Profile yang sebelumnya bernama Google My Business/Google Bisnisku. 

Google Business Profile lebih diperuntukkan bagi usaha kecil dengan satu lokasi sehingga pelaku usaha akan lebih mudah mengelola profil usahanya dan engage dengan pelanggannya melalui Google Search dan Google Maps serta aplikasi langsung dari aplikasi Google My Business.

"Dengan mendaftarkan usaha kita di Google Business Profile, ketika seseorang mencari sesuatu dengan kata kunci tertentu, maka usaha kita dan usaha yang sejenis dengan catatan sudah terdaftar di Google Business Profile, akan terlihat oleh orang tersebut,” terang Deni.

Selanjutnya Deni menjelaskan beberapa manfaat jika menggunakan Google Business Profile, yaitu dapat meningkatkan visibilitas, mempromosikan usaha, meningkatkan peringkat di mesin pencari, mendapatkan pelanggan, dan mendapatkan review atau ulasan dari pelanggan.

Melansir laman resmi Diskop-UKM Jatim, materi selanjutnya yaitu foto produk menggunakan HP. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil dari foto produk jika menggunakan HP. 

Pertama adalah pencahayaan. Kita harus mengatur pencahayaan supaya menghasilkan gambar yang menarik karena komposisi cahaya akan mempengaruhi warna dari objek yang dipotret. 

Kedua adalah angle atau sudut foto. Dengan angle yang tepat akan membuat foto lebih menarik, produk yang sama tetapi di foto dengan angle berbeda akan memiliki daya tarik yang berbeda pula. 

Ketiga adalah background atau latar belakang foto. Masing-masing produk hendaknya memiliki background yang disesuaikan dengan jenis produk yang diiklankan. Dimensi produk yang ditawarkan juga menentukan background apa yang akan digunakan. 

“Khusus untuk foto produk yang telah memiliki kemasan sebaiknya gunakan saja pencahayaan dari sinar matahari langsung, sebab jika Anda menggunakan lampu LED, maka hasil foto tidak akan maksimal,” terangnya. 

Keempat atau yang terakhir adalah editing. “Setelah proses pengambilan foto selesai, maka sempurnakan hasil foto Anda dengan menggunakan aplikasi edit foto di komputer atau di HP yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita akan aplikasi editing tersebut,” pungkasnya. (idc/n)

#Diskop-UKM Jatim #Google Business Profile #Foto Produk