Sabtu, 27 April 2024

Tingkatkan Integritas, ASN Mojokerto Ikuti Webinar Membangun Budaya Anti Korupsi

Diunggah pada : 25 November 2022 10:50:00 26
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi Wilayah Jawa Timur, Irawati, mengisi webinar bertajuk "Membangun Budaya Anti Korupsi" di Kabupaten Mojokerto, Kamis (24/11/2022).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Mojokerto ini dilakukan dalam rangka meningkatkan integritas seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Mojokerto.

Irawati mengungkapkan dalam membangun pemerintahan yang clean and good government, maka dasar utama yang harus dimiliki yakni integritas seluruh ASN dari atas hingga bawah.

"Kemudian dari atasan harus dapat meyakinkan sampai dengan jajaran bawah, bahwa semuanya juga masih terus berintegritas dan harus dimiliki oleh kita semua," ucapnya.

Irawati juga menjelaskan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh individu dalam mencegah korupsi yakni yang pertama, sebagai pejabat/pegawai dapat menjalankan amanah dengan sungguh-sungguh, ikhlas, penuh integritas, profesional, dan mencegah terjadinya korupsi di lingkungan kantor.

Kedua, sebagai orang tua dapat bersama-sama pasangan menanamkan karakter anti korupsi, misalnya kejujuran sedini mungkin kepada anak-anak di rumah.

Ketiga, sebagai suami atau istri dapat menjalankan fungsi sebagai auditor keuangan rumah tangga, saling mengingatkan/memberikan ruh integritas pada semua aktivitas keluarga.

"Serta berperan secara sosial yakni dapat memberikan teladan dan menyerukan gerakan anti korupsi mulai dari lingkup terkecil di sekitar rumah," jelasnya.

Selain itu, Irawati juga menjelaskan untuk menguatkan budaya anti korupsi, maka perlu dilakukan tiga hal yang dinamakan Trisula Pemberantasan Korupsi, di antaranya Pendidikan atau melakukan edukasi di setiap jenjang pendidikan, partai politik, pegawai negeri, serta badan usaha. Selanjutnya pencegahan, dengan melakukan perbaikan, penguatan, serta koreksi atas sistem yang sedang berjalan.

"Yang terakhir penindakan dengan cara penegakan hukum yang tegas," ucapnya sebagaimana dirilis di laman resmi Diskominfo Kabupaten Mojokerto. 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, mengajak seluruh ASN Kabupaten Mojokerto untuk tetap berkinerja, melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tetap on the track, dan meminimalisir segala sesuatu yang buruk terkait korupsi.

"Untuk itu, kita tidak akan bisa sendiri, kita harus saling mendukung satu sama lain dan mengingatkan satu sama lain," kata nya. (idc/n)

#Kabupaten Mojokerto #Anti Korupsi