Selasa, 7 Mei 2024

Tim Dokar UB - Pemkab Gresik Kerjasama Peningkatan Pemanfaatan Jalan Manyar

Diunggah pada : 15 Desember 2022 12:55:55 47

Jatim Newsroom- Tim Dosen Berkarya UB yang diketuai oleh Tri Budi Prayogo, menjalin kerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Gresik, terkait peningkatan pemanfaatan Jalan Manyar sebagai Jalur Pantai Utara Jawa yang dilakukan Kabupaten Gresik, sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan, Kawasan Bromo-Tengger-Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis, dan Lintas Selatan.

Kerjasama yang dilakukan berbentuk konsultasi dan pemberian advise dalam kegiatan pengadaan tanah yang dikaitkan dengan bidang ilmu yang ada di Departemen Teknik Pengairan.

Tim Dosen Berkarya UB yang diketuai Tri Budi Prayogo, Kamis (15/12/2022) mengatakan, kerjasama ini tidak menutup kemungkinan bagi pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang untuk menggandeng pihak jurusan dalam hal sosialisasi kepada masyarakat pengguna dan yang terkena dampak dari pengadaan tanah tersebut.

Hasil yang diharapkan dari kerjasama ini adalah tersedianya dokumen-dokumen pengadaan tanah yang sesuai dengan peruntukannya dalam rangka peningkatan pemanfaatan jalan Manyar, yang sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan.

“Dokumen yang kami sediakan meliputi kaidah pengukuran dan pemetaan wilayah sungai, kaidah penganggulangan banjir, kaidah pemanfaatan lahan, kaidah lingkungan, dan semua yang berkesesuaian dengan bidang ilmu yang dapat dimplementasi pada kondisi di lapangan nantinya,” beber Didit.

Bagi dosen yang terlibat, kegiatan ini dapat menjadi wadah mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi sebagai bagian dari transfer knowledge dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Gresik.

“Selain berbagi ilmu, pastinya dengan pengalaman kerja sama ini harapannya kami dapat meningkatkan kapasitas dan skill dosen pada ranah praktik dan implementasi bidang keilmuan,” tambah Dosen bidang keahlian Teknik Sumberdaya Air dan Lingkungan ini.

Bagi pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang akan menghasilkan suatu pemecahan masalah di bidang pengembangan pemanfaatan jalan raya yang sesuai dengan kaidah keilmuan dan dapat diimpelementasikan di lapangan.

Selain itu, terdapat networking kerjasama yang terjalin dengan semua pihak terkait. Networking ini dapat terus dilanjutkan dengan mengadaakan kolaborasi antara dinas-dinas lainnya di Kabupaten Gresik serta fakultas-fakultas lainnya di lingkungan Universitas Brawijaya.

Untuk kepentingan Universitas Brawijaya, tentunya kerjasama ini  mendorong terwujudnya Visi dan Misi Universitas Brawijaya khususnya Misi Kedua, yaitu Menyelenggarakan peran perguruan tinggi sebagai agen pembaruan, pelopor dan penyebar ilmu pengetahuan.

Selain itu, kerjasama yang diwujudkan dalam kegiatan dosen berkarya ini dapat digunakan untuk mencapai target IKU UB khususnya terkait dengan Jumlah Dosen yang bekerja di Luar Kampus dalam dan Luar Negeri dan Jumlah Praktisi yang Mengajar di dalam Kampus.

Sebagai tindak lanjut atas ketentuan tersebut di atas, Pemerintah Kabupaten Gresik merencanakan kegiatan pengadaan tanah yang dimulai dengan Kegiatan Perencanaan  dengan melaksanakan studi Land Acquisition and Resetlement Action Plan (LARAP) dan menyusunnya dalam bentuk Dokumen.

Selanjutnya, dokumen tersebut diajukan Ijin Penetapan Lokasi kepada Gubernur Jawa Timur. Ijin Penetapan Lokasi menjadi dasar dalam melaksanakan pengadaan tanah.

Dalam kegiatan ini dibutuhkan saran-saran dan masukan yang berguna bagi pihak Kabupaten Gresik untuk melaksanakan kegiatan peningkatan pemanfaatan jalan raya Manyar dengan mengadakan kegiatan tanah pada awal kegiatan yang bersangkutan.

Dalam pengerjaannya ini dosen Teknik Pengairan yang biasa dipanggil Didit itu bekerjasama dengan anggotanya yang terdiri dari Dr. Runi Asmaranto, ST., MT., Dr. Eng Andre Primantyo Hendrawan, ST., MT., Dr. Hari Siswoyo, ST., MT., dan Djaffan Sidqi Fidari, ST., MT. (jal/hjr)

 

 

#universitas brawijaya