Jumat, 3 Mei 2024

Tari Gandrung Loka Meriahkan Parade Surya Senja Grahadi Surabaya

Diunggah pada : 17 Desember 2023 22:00:42 61
Aksi Penampilan Penari Gandrung Loka Banyuwangi pada Parade Surya Senja Grahadi 17 Desember 2023. (Foto : courtesy MMC Kominfo Jatim)

Jatim Newsroom - Parade Surya Senja 17 Desember 2023 yang digelar di halaman rumput hijau Gedung Negara Grahadi Jl. Gubernur Soeryo Surabaya, dimeriahkan unjuk gelar Tari Gandrung Loka dari Kabupaten Banyuwangi.

Puluhan penari perempuan yang dibalut busana tarian warna warni berkilau dengan aksesoris yang eksotik semakin menguatkan nuansa rancak dinamis tarian mengikuti hentakan gamelan dominasi kendang kempul yang mengiringi. Penampilan Tari Gandrung yang diusung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi dalam acara Parade Surya Senja di penghujung akhir tahun ini makin memeriahkan suasana sore yang cerah di halaman Gedung Negara Grahadi, gedung yang juga masuk dalam daftar bangunan cagar budaya oleh Pemkot Surabaya tersebut.

Unjuk gelar sebelumnya yang pertama Drum Band TK Aisyiyah Bebekan Taman Sidoarjo, yang kedua adalah Drum Band Gema Bunga Teratai Ponpes Aqidah Usymuni Teratai Pandian Sumenep yang mengusung nuansa dengan menyisipkan tarian Madura dan musik khas saroneng dipadu perkusi.

Setelah Unjuk Gelar Parade Surya Senja selesai dilanjutkan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dengan Inspektur Upacara Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur yang diwakili Kepala Bidang Angkutan dan Kesempatan, Ainur Rofiq, SH. M.M. dengan Perwira Upacara, Wakil Kepala Protokol Garnisun Tetap 3 Surabaya, Mayor Puji Rahayu.

Bertugas sebagai Komandan Upacara Muhammad Anshori Anggota Resimen Mahasiswa dari UINSA, sedangkan Petugas Penurunan Bendera ialah anggota Paskibra SMK Rajasa Surabaya. Peserta Upacara 1 Unit Korp Musik Satpol PP Provinsi Jawa Timur sekaligus mengiringi jalannya upacara, 1 Satuan Setingkat Peleton (SST) Resimen Mahasiswa Mahasurya Surabaya, 1 SST SMA Giki 2 Surabaya, 1 SST SMK Kesehatan Nusantara Surabaya dan 2 SST Kwarda Pramuka Madrasah Aliyah Ma'aruf Nahdlatul Ulama Sidomukti Kabupaten Gresik. (pno/hjr)

#Nganjuk #Parade Senja Grahadi