Jumat, 3 Mei 2024

SMKN 1 Tanjunganom Nganjuk Gelar Rembugan Sosialisasi Program

Diunggah pada : 2 Agustus 2022 14:47:28 60
SMKN 1 Tanjunganom Nganjuk menggelar rembugan Sosialisasi Program Sekolah

Jatim NewsroomSMKN 1 Tanjunganom Nganjuk menggelar rembugan Sosialisasi Program Sekolah dengan 412 orang tua siswa Kelas X dengan menghadirkan Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur, Kunjung Wahyudi .

Kunjung mengatakan tentang peraturan dan regulasi yang ada saat ini yang perlu diketahui oleh semua pihak,  baik sekolah maupun orang tua siswa, antara lain tentang kewajiban dan hak masyarakat, orang tua dan siswa.

“Sesuai Permendikbud No. 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah, hal-hal yang terkait tentang bantuan dan sumbangan, para orang tua berkoordinasi dengan pengurus Komite Sekolah dan jika ada keluhan, masukan juga bisa disampaikan ke pengurus komite sekolah. Bahwa bantuan yang diberikan oleh pemerintah dalam bentuk Bantuan Operasiona Sekolah (BOS) dan Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP) adalah bantuan minimal, sehingga dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, sekolah diperbolehkan melakukan penggalangan dana melalui Komite Sekolah dalam bentuk penggalangan dana partisipasi masyarakat yg bersifat sukarela, “ jelas Kunjung.

“Para orang tua siswa yang kurang paham atau kurang sependapat dengan hasil keputusan musyawarah, maka dikoordinasikan dengan pengurus komite. Jangan dikoordinasikan dengan pihak ke tiga  atau orang luar  yang tidak tahu tentang program sekolah, karena dikhawatirkan akan menimbulkan masalah baru. Mohon dibantu tugas dari pengurus komite sekolah, agar tercipta suasana sekolah yang kondusif, aman, nyaman dan proses belajar mengajar berjalan dengan lancar. Selalu dampingi putra-putri bapak dan Ibu dengan sering diajak dialog atau komunikasi serta cek hp nya, jangan sampai anak-anak kita terkena pengaruh paham-paham yang tidak baik seperti radikalisme, intoleransi, anarkhisme dan penyalahgunaan narkoba,“ lanjut Kunjung.

Kunjung Wahyudi juga menyampaikan arahan buat pengurus komite sekolah agar pengurus komite dalam menjalankan fungsi dan tugasnya selalu berpedoman dengan aturan yang ada yaitu Permendikbud No. 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah, agar  selalu melakukan komunikasi dengan para orang tua siswa mulai kelas X, XI dan XII agar tidak terjadi mis komunikasi. Terus berjuang dan semangat menjadi mitra sekolah dalam membantu peningkatan mutu pendidikan di SMKN 1 Tanjunganom Nganjuk.

“Apresiasi dan ucapan selamat buat Bapak Kepala SMKN 1 Tanjunganom Nganjuk bersama seluruh Waka dan guru serta tenaga kependidikan karena SMKN 1 Tanjunganom Nganjuk menjadi salah satu Sekolah Pusat Keunggulan. Dan juga beberapa torehan prestasi para siswa mulai tingkat regional sampai Nasional. Teruslah Berkarya dan Berprestasi untuk Jawa Timur Cerdas,” ungkap Ketua Komnasdik Jatim dalam rilisnya, Selasa (2/8/2022)

Ketua Komite, Drs. Suprapto menyampaikan terima kasih atas arahan dari Kunjung Wahyudi, sebab dengan arahan tersebut sangat membantu pengurus komite dalam melakukan komunikasi dengan para orang tua, sehingga dalam musyawarah tersebut tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk mengambil kesepakatan bersama.

Dalam kesempatan tersebut Kunjung Wahyudi juga diajak oleh Kepala SMKN 1 Tanjunganom, R.A. Iwan Tresnawan berkeliling ke semua lokasi di SMKN 1 Tanjunganom. Dalam usianya yg masih 11 tahun, SMKN 1 Tanjunganom Nganjuk telah menorehkan prestasi, diantaranya menghasilkan produk-produk yang bagus seperti meja, kursi, tempat tidur pasien untuk rumah sakit yang semua merupakan hasil karya para siswa. (yan/n)

#Nganjuk