Jumat, 3 Mei 2024

Target PAD Telaga Ngebel Ponorogo Tercapai

Diunggah pada : 15 Juni 2023 18:08:22 108
Pengunjung Telaga Ngebel berfoto dengan background air mancur menari. Foto : Erwin suganda

Jatim Newsroom - Baru memasuki triwulan kedua, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari objek wisata Telaga Ngebel hampir terpenuhi. Dari target Rp 2,5 miliar, PAD yang sudah masuk ke kas Pemkab Ponorogo senilai Rp 2,3 miliar pada awal Juni 2023. Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga  (Disbudparpora) Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edi optimistis target PAD yang dipatok itu segera terpenuhi. “Mudah-mudahan Juli sudah tercapai, apalagi bersamaan kegiatan Grebeg Suro,'' kata Judha, Kamis (15/6/2023).

Menurut dia,  tingkat kunjungan ke Telaga Ngebel  naik signifikan sejak adanya daya tarik baru berupa air mancur menari. Apalagi, jika ada momen libur bersama. Bertepatan dengan libur Hari Lahir Pancasila dan Hari Raya Waisak, tanggal 1 hingga 4 Juni lalu, pendapatan dari hasil penjualan tiket masuk kawasan Telaga Ngebel mencapai Rp 111,6 juta. ''Belum yang didapatkan oleh pelaku usaha pariwisata di sekitaran telaga,''jelas Judha.

Disbudparpora bakal menambah fasilitas baru berupa perahu naga dan tribun untuk penonton air mancur menari. “Perahu naga akan kami launching tanggal 17 Juni 2023 dengan kapasitas 20 penumpang. Tiketnya hanya 10 ribu bisa keliling telaga,'' ungkapnya.

Judha berharap Telaga Ngebel tetap menjadi jujukan wisatawan lokal maupun luar daerah. Dengan begitu, PAD terus meningkat bersamaan terangkatnya penghasilan pelaku usaha pariwisata di seputaran telaga. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo