Minggu, 5 Mei 2024

Tahun 2024, Kadiskominfo Jatim Targetkan Indeks SPBE Kabupaten/Kota Raih Predikat Memuaskan

Diunggah pada : 8 Maret 2024 18:23:24 50
Kadiskominfo Jatim, Sherlita (berdiri di podium) saat membuka kegiatan Forum Kolaborasi SPBE, di Surabaya, Jumat (8/3/2024). Foto : Ikrom / JNR

Jatim Newsroom - Selaras dengan visi pemerintah dalam percepatan transformasi digital di Indonesia, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Jawa Timur, Sherlita Ratna Dwi Agustin, menargetkan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk Kabupaten/Kota di Jawa Timur pada tahun 2024 mencapai predikat memuaskan. Data terbaru, sebanyak delapan Kabupaten/Kota telah berhasil mencapai indeks memuaskan, 12 terindeks sangat baik, dan 16 terindeks baik.

Bukan hasil yang terlalu bagus, Sherlita menyebut ada dua Kabupaten/Kota yang bahkan masih berada di indeks dengan predikat cukup. “Kami punya PR yang cukup dan baik. Karena kalau dipaparan kami, ada tulisan reformasi birokrasi, penilaiannya harus predikat memuaskan. Sehingga, mulai tahun ini indeks SPBE, menjadi salah satu indikator yang akan dijadikan penilaian reformasi birokrasi, dan penilaiannya harus memuaskan,” ujar Sherlita dalam sambutannya, saat secara langsung membuka kegiatan Forum Kolaborasi SPBE di Surabaya, Jumat (8/3/2024).

Adapun tujuan dalam menaikkan target indeks SPBE, Sherlita menyebut, ialah sebagai peta rencana untuk mempermudah pembelanjaan serta pengoptimalan anggaran. Dikatakannya, dengan SPBE, pemerintah bisa menghindari redundansi atau pengulangan penggunaan anggaran pada program yang kurang lebih sama. 

“Sudah dibikin, dibikin lagi. Ganti pimpinan, dibikin lagi. Padahal sama persis, tinggal melanjutkan saja,” terang Sherlita.

Sherlita menyebut, rata-rata kenaikan indeks SPBE di Jawa Timur pada Kabupaten/Kota lebih tinggi dari pada Provinsi Jawa Timur. Indeks SPBE di Kabupaten /Kota, tumbuh sebesar 1,19 dari yang awalnya 2,34 di tahun 2022, menjadi 3,53 di tahun 2023. Sementera untuk rata-rata  tingkat provinsi, kenaikan indeks hanya sebesar 0,3. 

“Provinsi naiknya 0 ,3. Kenaikan rata -rata kabupaten di 1 ,19. Emang kalau urusan teknologi informasi, mau siapapun, mau dimanapun, kalau mau belajar ya, bisa. Itu tidak menjadi suatu alasan untuk kemudian, kita tidak berkolaborasi,” pungkas Sherlita . (vin-nob/s)

#pemprov jatim #SPBE #Kadiskominfo Jatim #SIA SPBE V2 #indeks SPBE