Kamis, 9 Mei 2024

Studi Banding di Jatim, Diskominfo Sulteng Kunjungi JKF di Batu

Diunggah pada : 27 Juli 2022 18:25:02 123
Kadis Kominfo Jatim, Hudiyono saat menerima kunjungan Kominfo Prov Sulteng di JKF kota Batu. (Sug)

Jatim Newsroom – Jatim Kominfo Festival (JKF) di Kota Batu yang diselenggarakan mulai 25 – 28 Juli Dinas Kominfo Jatim tampaknya membuat tertarik dinas Kominfo Provinsi lainnya, yaitu Dinas Kominfo Sulawesi Tengah langsung mendatangi Pameran JKF di balai Kota Among Tani Batu, Rabu (27/6/2022).

Dalam kunjungan Kominfo Provinsi Sulteng langsung dipimpin oleh Kabid IKP Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan statistik, Hasim R dan diikuti oleh Inspektorat, Sekertariat Daerah, Dinas Pariwisaata dan Kebudayaaan langsung diterima Kadis Kominfo Jatim, Hudiyono, Sekertaris dan Kabid lainnya di Among Tani.

Kadis Kominfo Jatim, Hudiyono mengatakan selamat datang di Jatim, dimana Diskominfo Jatim saat ini menggelar acara Jatim Kominfo Festival di Kota Batu dimana di JKF ini adalah bentuk transformasi dari kegiatan sebelumnya yang bertajuk Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Pekan kim sendiri telah dilaksanakan sepuluh kali, diselenggarakan pertama kali pada tahun 2006 di Kabupaten Jember, hingga yang terakhir pada tahun 2019 di Kabupaten Magetan.

“Pada saat Pekan KIM di Kabupaten Magetan inilah, Pekan KIM telah bertransformasi menjadi Jatim Kominfo Festival. Dengan harapan ruang lingkup kegiatan ini dapat diperluas sehingga memberi kebermanfaatan yang lebih besar bagi masyarakat melalui berbagai inovasi program dan kebijakan di bidang informasi dan komunikasi publik dan pengembangan teknologi informasi,”katanya.

Ia menjelaskan tujuan penyelenggaraan JKF 2022, yaitu: (i) Mengedukasi masyarakat dengan informasi yang bermanfaat, murah dan mudah diakses; (ii) Menciptaakan pegiat media sosial yang dapat mendiseminasi informasi positif melalui konten positif; (iii) Menciptakan mitra pemerintah yang dapat menyebarluaskan informasi kinerja pemerintah; (iv) Mengungkit ekonomi lokal dan menggerakkan roda perekonomian daerah.

"Didalam JKF ini  Pameran Teknologi dari Diskominfo Provinsi Jatim dan Kabupaten/Kota se-Jatim, Bazaar UMKM, serta Pertunjukan Rakyat (Pertura) seni dan budaya lokal Jatim, serta berupa Forum Statistisi, Forum Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Forum Walidata, Workshop Kehumasan, Workshop Literasi Digital, Workshop Jatim Smart Innovation, Workshop Smart Communication Product, Workshop Relawan TIK, dan Sosialisasi Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).  Ada juga Bimbingan Teknis (Bimtek) Website Kim.id, Rapat Koordinasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!),"katanya.

Dihari Terakhir, ia menyampaikan tanggal 28 Juli 2022 nanti juga akan dilaksanakan beberapa penyerahan penghargaan, yaitu Anugerah Pewarta Warga (APW) 2022, Jatim Public Relation Awards (JPRA) 2022, Festival Pertunjukan Rakyat (Pertura) 2022, dan Stand Terbaik Pameran JKF 2022. "Di Batu juga terkenal dengan kuliner ketan tepatnya di Pasar dekat alun - alun batu, serta juga makanan khas Jatim lainnya, serta ada makanan khas timur tengah dan pokoknya kuliner di Batu lengkap selain cuacanya yang sejuk dan dingin,"pungkasnya.

Sementara Kabid IKP Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan statistik, Hasim R mengatakan tujuan ke Jatim yaitu pihaknya melakukan studi banding terkait perkembangan informasi dan Informattika yang ada di Jatim untuk dibawa ke Sulteng.

"Saya lihat tadi perkembangan Kominfo di Jatim bagus dan cukup pesat, apalagi terkait dengan pameran JKFnya, maka itu nanti akan kami terapkan di Sulteng, begitu juga dengan perkembangan SPAM LAPOR, serta juga  Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik bagus,"katanya. (Pca/hjr)

 

#JKF Batu #JKF2022