Sabtu, 4 Mei 2024

Soal Kerusuhan Panjuruhan, Pangdam V/Brawijaya Sampaikan Permintaan Maaf

Diunggah pada : 5 Oktober 2022 14:40:52 59
Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto memimpin upacara Peringatan HUT ke-77 TNI di Lapangan Brawijaya, Rabu (5/10/2022).

Jatim Newsroom - Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto meminta maaf terkait ada anggotanya yang bertindak berlebihan dengan menendang suporter saat terjadinya kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

"Saya selaku Pangdam V/Brawijaya meminta maaf atas kejadian itu," katanya usai Upacara Peringatan HUT ke-77 TNI di Lapangan Brawijaya, Rabu (5/10/2022).

Dia membenarkan, ada lima orang prajurit yang saat ini sedang menjalani proses pemeriksaan. "Ada lima orang yang sekarang diperiksa di Pomdam Malang, sedang dalam proses dan kita lihat perkembangannya," kata dia.

Menurutnya, ada prajurit yang memberikan pertolongan. Pangdam memastikan, prajurit tersebut akan ditindak jika memang terbukti bersalah.

Dia juga tidak menutup mata terhadap sejumlah prajurit lainnya yang berupaya memberikan pertolongan sekuat tenaga pada para korban saat tragedi terjadi.  

"Di sisi lain memang ada prajurit kami yang melakukan pelanggaran, di sisi lain media juga melihat para prajurit kami bahu membahu dengan Aremania bersama kepolisian memberikan pertolongan pertama. Saya apresiasi kinerja mereka," kata dia. (jal/n)

#kodam v brawijaya