Sabtu, 27 April 2024

Pangdam V/Brawijaya Bangun Sinergi dengan Media di Jatim

Diunggah pada : 26 Januari 2024 20:47:20 33

Jatim Newsroom - Guna menjaga stabilitas dan kondusivitas di Jawa Timur,  Panglima Daerah Militer (Pangdam) V/Brawijaya, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Rafael Granada Baay menggelar silaturahmi membangun sinergi dengan media yang dikemas berkonsep Coffee Morning ini Markas Komando Daerah Militer (Makodam) V/Brawijaya, Surabaya, Jumat (26/1/2023).

Pangdam mengatakan, bersilaturahmi dengan media menjadi tradisi yang dia jalankan setiap kali bertugas di daerah tertentu. Dia mengaku sudah lama memiliki kedekatan dengan media.“Saat masih berpangkat mayor, kemudian letkol itu saya sudah akrab dengan media,” ujar Rafael.

Menurutnya, menjalin sinergi dengan media sangat penting dilakukan, mengingat media adalah pasukan lapangan yang terlibat dalam penjagaan wilayah.“Tidak hanya TNI-Polri, insan media juga penjaga keamanan dan ketertiban wilayah,” katannya.

Pangdam mengibaratkan media sebagai pasukan lapangan meski di luar struktur militer. Kata dia, ini lantaran media punya pengaruh besar bagi stabilitas dan kondusivitas.“Saya bangga, salut kepada insan media di sini yang bisa menjaga kondusivitas. Walaupun ada permasalahan, tetap bahasanya selalu baik dan halus,” katanya menjelaskan.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim, Lutfil Hakim, mengatakan, sinergitas antara TNI dengan pers merupakan sebuah keniscayaan untuk membangun bangsa yang kuat.“Jika TNI kuat, pers juga kuat, maka bangsa pasti akan kuat,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut dikatakannya, kehadiran pers juga punya peran penting dalam menjaga keamanan. Karena tugas utama pers adalah melindungi masyarakat dari berbagai berita hoaks, berita terframing, dan sebagainya.“Jadi pers juga melindungi rakyat,” ungkapnya. (hjr)

#kodam v brawijaya #pangdam v brawijaya